JAKARTA - Bencana kabut asap yang melanda sejumlah provinsi di Pulau Sumatera mendapat kritik dari tokoh kartun anak-anak asal negeri Malaysia, Upin dan Ipin.
Dalam episode 'Bahaya Jerebu' yang artinya Bahaya Asap, dikisahkan seorang kakek mengeluhkan asap yang menyelimuti kawasan Malaysia.
Sang kakek pun mengingatkan Upin, Ipin dan teman-temannya untuk tidak bermain di luar rumah karena bahaya asap. "Nanti sakit, jerebu membuat kita sesak nafas, mata pedih, bahaya untuk kesehatan," ujar si kakek.
Dalam film itu, sang kakak Upin dan Ipin yaitu Kak Rose juga mengeluhkan kabut asap yang menyelimuti wilayahnya. "Kalau jerebu ini terus menerus, udara makin keruh, mesti sekolah cuti," katanya.
Namun hal itu justru disambut riang oleh bocah kembar berkepala plontos itu. "Hore..ye..ye..," ujar Upin dan Ipin sambil loncat-loncat.
Upin dan Ipin pun terpaksa keluar rumah menggunakan masker. Diujung cerita, sang kakek mengingatkan Upin dan Ipin untuk menjaga lingkungan agar udara bersih dan tidak membakar hutan.
Bahkan, film ini dibagi dalam dua sesi dengan durasi waktu 18 menit 18 detik.
(Okz/sus)

Posting Komentar

 
Top