BERBAGAI sajian lezat dari olahan telur dapat dibuat. Misalnya adalah balut yang merupakan sajian telur aneh dari Filipina.
Ada juga beberapa negara yang menyajikan telur dengan cara tidak biasa. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dilansir Thedailymeal, Sabtu (10/10/2015).
Meksiko
Nama sajian yang terbuat dari telur asal Meksiko biasa disebut dengan Huevos Rancheros. Nama ini secara harfiah berarti telur peternak. Ciri khasnya adalah telur ini digoreng dan diberi saus tomat dan saus pedas, lalu dibalut dengan tortilla jagung yang diisi nasi dan kacang.

China
Hidangan telur yang populer dari China adalah century egg. Jangan khawatir meski namanya adalah century egg, karena telur ini tidak disimpan dalam waktu satu abad. Melainkan hanya disimpan beberapa minggu atau bulan. Telur bebek, ayam atau puyuh dikubur di tanah liat, abu, garam, kapur dan sekam padi, kemudian didiamkan hingga tekstur telur menjadi sedikit seperti jelly.
Filipina
Balut menjadi salah satu makanan aneh yang terbuat dari telur. Balut sendiri merupakan jajanan kaki lima di Filipina. Terbuat dari embrio bebek yang sudah hampir jadi anak bebek di dalam cangkang, lalu direbus hidup-hidup dan dimakan langsung.
Tunisia
Tunisia memiliki makanan seperti samosa yang di dalamnya terdapat telur , dengan bawang, tuna, harissa dan peterseli. Kemudian semuanya digoreng dan diisi dengan keju. Ketika dibelah, telurnya masih setengah matang dan terasa sangat nikmat. Sajian ini kerap disebut dengan brik.


Inggris
Scotch egg berasal dari London. Ini merupakan hidangan yang cukup unik, karena telur dibungkus daging seperti sosis, dilapisi tepung roti dan digoreng. Sepertinya ini bisa jadi cara lain untuk menikmati telur dengan sensasi berbeda.
(Okz/ndr)

Posting Komentar

 
Top