EINDHOVEN – PSV Eindhoven membuka petualangan di Liga Champions 2015-2016 dengan manis. Pasukan Philip Cuco mampu menaklukan Manchester United 2-1 di Philips Stadion, Rabu (16/9/2015) dini hari WIB.
Gol Eindhoven dicetak oleh bek Hector Moreno pada menit perpanjangan waktu babak pertama dan striker Luciano Narsingh pada menit 57. Sementara satu gol Setan Merah dicetak oleh mantan pilar tuan rumah yakni Memphis Depay pada menit ke-41.
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
United membuka jalannya pertandingan. Saat mencoba mencari ritme permainan, Eidhoven dengan cepat merebut bola yang dikuasai pasukan Louis van Gaal.
Di menit kedua, sosok yang menjadi perhatian dalam pertandingan ini yakni Memphis Depay menyerang sisi kiri pertahanan Eindhoven. Sayang, umpan yang diberikannya ke rekan setim mampu direbut oleh bek tuan rumah.
Tak ingin membiarkan sang tamu menguasai permainan, Eindhoven mencoba memberika reaksi. Umpan panjang dikirim Joshua Brenet ke Davy Propper. Akan tetapi, Chris Smalling dengan cepat mencuri bola dari kaki Propper.
Pilar anyar United yakni Anthony Martial mendapat peluang di menit ketujuh. Sayang, tendangannya usai mendapat umpan dari Depay masih mampu diamankan oleh kiper Eindhoven, Jeroen Zoet.
Permainan sempat terhenti selama delapan menit setelah Luke Shaw ditekel keras oleh bek tengah tuan rumah, Hector Moreno. Shaw yang terlihat cedera parah harus mengakhiri laga lebih awal, sambil terkapar menggunakan alat bantu pernapasan. Marcos Rojo pun masuk untuk menggantikannya di menit 23.
Setelah kembali bermain, United mulai mencoba menguasai jalannya pertandingan. Akan tetapi, serangan yang dibangun David de Gea dan kawan-kawan selalu mampu dipatahkan para pemain di lini pertahanan Eindhoven.
Memasuki menit 30, pertandingan berjalan lebih seimbang. Upaya pasukan Philip Cocu melahirkan dua peluang emas beruntun di lini pertahanan United. Sayang, Luuk de Jong dan kawan-kawan belum mampu memaksimalkannya dengan baik.
Tuan rumah kembali terancam di menit 36. Peluang didapat The Red Devils melalui pergerakan Andre Herrera yang mengirim umpan silang ke kotak penalti Eindhoven. Namun, bola masih belum menemui sasaran.
Gol! Pada menit ke-41, Memphis Depay membuka keunggulan United. Gol berawal dari pergerakan dan assist Daley Blind dari sisi kiri penyerangan Setan Merah.
Pemain internasional Belanda itu mengirim umpan terobosan ke Depay yang berada di sisi kanan pertahanan Eindhoven. Tanpa kesulitan, sosok yang menjadi perhatian dalam pertandingan ini pun menaklukan kiper Zoet.
Eindhoven bereaksi. Bek Hector Moreno membuat gol penyama kedudukan atas Manchester United. Skor pun berubah menjadi 1-1 di menit perpanjangan waktu babak pertama.
Gol berawal dari tendangan sudut yang didapat Eindhoven. Moreno yang berdiri tak jauh dari gawang United berhasil menerima bola dengan baik usai bebas dari kawalan Darmian. Sebelum menembus jala De Gea, bola sempat mengenai kepada bek Daley Blind.
United semakin gencar mencari gol kedua. Namun hingga wasit meniup waktu habis babak pertama, tidak ada lagi gol tercipta. Skor 1-1 mengakhiri babak pertama.
Babak Kedua
Kehilangan keunggulan di babak pertama membuat United meningkatkan tempo permainan sejak awal babak kedua. Dengan cepat, para pemain tengah Setan Merah merebut bola yang sedang dikuasai Propper.
Hingga memasuki menit ke-50, pasukan Louis van Gaal masih mendominasi jalannya pertandingan. Serangan demi serangan dilancarkan The Red Devils ke lini pertahanan Eindhoven.
Depay nyaris kembali membawa United unggul di menit 51. Berawal dari kerjasama 1-2 dengan Martial, pesepakbola 21 tahun itu melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Sayang, upayanya masih mampu diamankan Zoet.
Gol! Luciano Narsingh bawa Eindhoven unggul atas United di menit 58. Gol pemain internasional Belanda itu bermula dari umpan panjang Guardado yang diarahkan kepada Lestienne di sisi kiri penyerangan Eindhoven.
Lestienne yang menerima bola dengan sangat baik langsung mengirimkan umpan silang ke Narsingh yang berdiri bebas di kotak penalti Setan Merah. Tanpa ragu, Narsingh menyundul bola ke pojok atas gawang De Gea. Skor 2-1 untuk tuan rumah.
Dalam keadaan tertinggal, United semakin meningkatkan tempo permainan dan intensitas serangan. Di menit 75, Van Gaal coba menyegarkan lini serang timnya dengan memasukkan Marouane Fellaini, menggantikan Andre Herrera.
Eindhoven sendiri mulai menurunkan garis pertahanan dan menumpuk pemain di lini belakang. De Jong dan kawan-kawan terlihat lebih banyak menunggu United melakukan kesalahan dan mengancam melalui serangan balik, seperti yang terjadi saat gol kedua.
Akibat kesalahan pemain tengah United, Eindhoven mendapat peluang melalui serangan balik cepat. Lestienne menyisir sisi kiri penyerangan dan melepaskan tendangan keras. Sayang, upayanya masih mampu ditangkap De Gea.
Memasuki lima menit akhir waktu normal pertandingan, United masih semakin gencar mengejar ketertinggalan. Akan tetapi, permainan apik lini pertahanan tuan rumah membuat Setan Merah gagal mewujudkan harapannya.
Akhirnya, pertandingan di Philips Stadion menjadi milik tuan rumah. Eindhoven sukses membuka petualangan di Liga Champions musim ini dengan tiga poin usai menaklukan United 2-1.
Susunan Pemain
PSV Eindhoven XI (4-3-3): Zoet; Arias, Bruma, Moreno, Brenet; Propper, Hendrix, Guardado (Schaars ’72); Narsingh, De Jong, Lestienne (Locadia ’86).
Manchester United XI (4-2-3-1): De Gea; Darmian, Smalling, Blind, Shaw (Rojo ’23); Schweinsteiger, Herrera (Fellaini ’75); Young (Valencia ’86), Mata, Depay; Martial.
(Okz/fmh)

Posting Komentar

 
Top