MADRID – Real Madrid memulai petualangan mereka di Liga Champions musim ini dengan kedatangan tamu dari Ukraina, Shakhtar Donetsk, di Estadio Santiago Bernabeu, Rabu (16/9/2015) dini hari WIB. Tampil mendominasi sejak menit awal, Los Merengues akhirnya sukses menyudahi laga dengan keunggulan 4-0 atas tamunya itu.
Hasil positif tersebut membuat Madrid otomatis memimpin klasemen sementara Grup A Liga Champions musim ini. Pasalnya di saat yang bersamaan, pesaing utama mereka di Grup A, yakni Paris Saint-Germain, hanya mampu unggul 2-0 atas Malmo.
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Sembilan menit babak pertama baru berjalan, Shakhtar nyaris membuat publik Estadio Santiago Bernabeu terdiam. Adalah Taison yang hampir membobol gawang Keylor Navas dengan sepakan dari luar kotak penalti Madrid. Beruntung bagi tuan rumah, sepakan Taison belum menemui sasaran.
Hanya berjarak empat menit, Madrid hampir membuka keunggulan via aksi Karim Benzema. Meneruskan umpan dari Cristiano Ronaldo, bomber Timnas Prancis itu mencoba melepaskan sepakan ke gawang Shakhtar. Namun, tembakan dari Benzema itu masih melambung.
Memasuki 25 menit di babak pertama, kedua tim terlihat masih coba saling mengenal karakter permainan dari lawannya masing-masing. Hal itu terbukti lebih seringnya bola mengalir di lini tengah lapangan pertandingan.
Benzema! Akhirnya mampu membawa keunggulan untuk Madrid melalui golnya. Memanfaatkan blunder yang dilakukan oleh kiper Shakhtar, Andriy Pyatov, mantan pemain Olympique Lyonnais itu tak membuang kesempatan untuk memasukan bola ke gawang tim tamu. Madrid 1-0 Shakhtar.
Sebuah kerugian harus diterima tim tuan rumah pada menit 32, yaitu cedera yang dialami Gareth Bale. Perihal itu terjadi lantaran winger Timnas Wales itu mendapatkan hadangan yang keras dari bek Shakthar. Bale pun lalu ditarik keluar dan digantikan oleh Mateo Kovacic.
Lima menit jelang turun minum, Madrid hampir kembali sukses membobol gawang Shakthar. Kali ini yang menjadi ancaman untuk tim tamu adalah Luca Modric melalui tembakan keras dari luar kotak penalti Shakthar. Akan tetapi, sepakannnya masih melebar tipis di sisi kanan gawang Pyatov.
Babak Kedua
Tiga menit paruh kedua dimulai, Benzema hampir kembali membuat tim tamu tertunduk melalui aksinya. Memanfaatkan umpan satu dua dengan Ronaldo, ia lalu merangsek masuk area pertahanan Shakthar. Beruntung bagi tim tamu, Oleksandr Kucher mampu menghentikan aksi Benzema itu.
Sebuah petaka diterima oleh Shakthar saat laga babak kedua berusia 10 menit. Salah satu pemainnya, yakni Taras Stepanenko, harus menerima kartu kuning kedua usai melanggar Sergio Ramos. Hal itu membuat tim tamu harus meneruskan laga dengan kondisi 10 pemain.
Belum selesai nestapa Shakthar lantaran satu pemainnya dikartu merah, satu lagi kesialan yang mereka terima di laga ini. Apalagi kalau bukan hadiah penalti kontroversi yang diterima oleh tim tuan rumah usai Darijo Srna dituding menyentuh bola dengan tangannya. Ronaldo yang maju sebagai eksekutor tak membuang kesempatan tersebut. Madrid 2-0 Shakthar.
Memasuki 20 menit paruh kedua dimulai, Madrid kembali mendapatkan hadiah penalti usai Marcio Azevedo terlihat menyentuh bola dengan tangannya di area terlarang. CR7 yang kembali dipercaya sebagai algojo, tanpa kesulitan mengelabui Pyatov. Madrid 3-0 Shakthar.
Hanya berselang empat menit dari gol Ronaldo, Benzema lagi-lagi memberikan ancaman untuk lini pertahanan tim tamu. Namun, peluang yang diraih melalui tandukannya tersebut masih belum menemui sasaran.
Pada ment 77, Shakhtar yang sedari tadi tampil di bawah tekanan Madrid akhirnya mendapatkan peluang emasnya. Berawal dari serangan balik cepat, Maksim Malyshev coba merangsek masuk ke dalam area pertahanan Madrid. Akan tetapi, Pepe mampu mengagalkan aksinya tersebut.
Ronaldo! Sukses melengkapi hattrick-nya di laga ini sekaligus membawa Madrid menjauh atas Shakthar menjadi 4-0. Memanfaatkan bola rebound dari sepakan Marcello, mantan bintang Manchester United itu menyambutnya dengan tandukan keras yang tak mampu diamankan oleh Pyatov.
Sebuah penyelamatan gemilang diperlihatkan oleh Navas di pengujung laga. Kiper Timnas Kosta Rika itu sukses menepis bola hasil sepakan dari Teixeira, yang sebelumnya sempat membentur kaki dari Nacho Fernandez.
Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya babak kedua, tak ada lagi gol tambahan yang mampu dicetak oleh kedua kesebelasan. Tim tuan rumah, Madrid, akhirnya sukses menutup laga dengan keunggulan 4-0 atas tamunya, Shakhtar.
Susunan Pemain
Real Madrid (4-2-3-1): Navas; Carvajal, Varane (Pepe 46’), Ramos (Nacho 56’), Marcelo; Modric, Kroos; Isco, Bale (Kovacic 32’), Ronaldo; Benzema.
Pelatih: Rafael Benitez
Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Pyatov; Srna, Kucher, Rakitskiy, Marcio Azevedo; Fred, Stepanenko; Marlos (Kovalenko 77’), Teixeira, Taison (Malyshev 69’); Gladkiy.
Pelatih: Mircea Lucescu
(Okz/fmh)

Posting Komentar

 
Top