JAKARTA - Salah satu komponen kendaraan yang mendukung kinerja sepeda motor adalah ban. Seiring berkembangnya teknologi, kini ada dua pilihan jenis ban yakni tubeless dan tubetype. Bila dipandang dari segi bentuk keduanya sama, namun mana dari keduanya yang lebih baik.
Dwi Triono, manager technical service PT Gajah Tunggal Tbk, memilih tubeless. "Karena teknologi baru dan perawatannya juga mudah," jelas dia.
Lebih rinci, Dwi menjelaskan ban tubeless tidak menggunakan ban dalam dan terbuat dari struktur karet yang lebih tebal, sedangkan tubetype masih menggunakan ban dalam. Bla salah memasang ban dalam maka bisa terjepit dan ban tidak bisa bekerja dengan baik.
Selain itu menggunakan struktur karet tebal namun lebih ringan dibanding tubeless.
Bila dilihat secara fisik keduanya sulit untuk dibedakan. Sementara itu daya tahan, semua ban yang digunakan pasti mengalami kebocoran bila terkena benda tajam. Untuk ban tubeless risiko ban langsung kempis sangat kecil dibanding tubetype.
Soal perawatan keduanya sama saja tidak ada perbedaan.
"Perawatan cuma jaga tekanan angin. Bila ada benda kecil atau batu tajam yang menempel di kembangan ban lebih baik dibersihkan pada saat mencuci motor karena bila didiamkan lama kelamaan akan masuk ke ban dan bisa bocor," pungkas Dwi.
(Okz/ton)

Posting Komentar

 
Top