JAKARTA - Kaca spion merupakan komponen penunjang keselamatan berkendara. Meski demikian terkadang pengendara mobil tidak memanfaatkan komponen ini secara maksimal.
Kaca spion membantu pengendara untuk mengetahui situasi dan kondisi di sekeliling mobil. Ia seperti mata tambahan yang membantu pengemudi saat parkir mundur, belok, menyalip, atau pindah jalur.
"Secara umum kaca spion dalam memang kurang banyak dimanfaatkan oleh pengendara mobil. Bahkan kaca spion ini justru lebih banyak dimanfaatkan untuk menggantung aksesoris pemanis dalam mobil," ungkap Arjuna dari Fadhilah Modifikasi bengkel spesialis kaca spion di DOC, Depok, Jawa Barat.
Untuk mendapatkan hasil visual maksimal dari tiga kaca spion yang ada, pengendara juga harus melakukan penyesuaian. Cara ini sama seperti pengendara melakukan penyesuaian bangku saat akan mengemudi.
"Atur tinggi-rendah spion sebelah kanan dan kiri agar pandangan terlihat jelas. Khusus untuk kaca spion dalam, sesuaikan posisi spion dengan tinggi tubuh atau sesuaikan dengan posisi pengaturan bangku saat mengemuudi, sehingga spion dalam bisa memberikan sudut pandang yang jelas,” Pungkas dia.
(Okz/ton)

Posting Komentar

 
Top