PETIR fenomena alam yang ditakuti. Bagaimana cara menjaga diri tetap aman dari amukan petir di tempat rekreasi?
Pada tahun 2013, National Weather Service mengumumkan bahwa 64 persen kematian yang disebabkan oleh petir sejak 2006 terjadi saat mereka melakukan aktivitas santai di luar ruangan.
Sebanyak 152 kematian terjadi saat rekreasi, 26 terjadi saat memancing, 15 terjadi saat kemah dan 14 di antaranya terjadi pada saat mereka berada di kapal.
Berikut enam cara tetap aman dari bahaya petir di tempat rekreasi dilansir Yahootravel, Kamis (17/9/2015)
Periksa ramalan cuaca
Memeriksa perkiraan cuaca sebelum pergi adalah hal yang cukup penting. Pasalnya, dari perkiraan tersebut Anda bisa memutuskan kapan harus pergi dan kapan harus berada di rumah. Jika ada perkiraan hujan disertai petir, rencanakanlah liburan Anda di lain waktu.
Jangan menunggu lama
Jika melihat badai datang, jangan menunggu lama untuk masuk ke dalam bangunan yang ada di sekitar. Banyak orang yang melihat perubahan cuaca namun enggan segera menghindar. Hal tersebut dapat berisiko fatal pada diri Anda.
Ahli meteorologi Amerika Serikat, Bob Henson mengatakan bahwa petir dapat menyerang hingga 10 mil di luar wilayah hujan badai. Jadi, meskipun terlihat masih jauh, cobalah untuk segera berlindung ke dalam bangunan begitu melihat badai datang.
Cari tempat berlindung
Jika mendengar suara guntur dan melihat petir, carilah perlindungan ke tempat yang memungkinkan. Jika Anda tengah berekreasi di luar ruangan yang tidak dekat dengan bangunan, Anda bisa berlindung di dalam mobil.
Hindari tempat sasaran petir
Petir kerap menyambar pada daerah-daerah tertentu seperti lapangan terbuka, puncak bukit, area piknik, dan pohon-pohon tinggi. Cara menghindarinya adalah, berada pada jarak dua kali dari panjang pohon tersebut. Namun jika tidak dapat menghindari semua pohon, berlindunglah di bawah pohon yang paling kecil. Jika Anda berada di hutan, carilah pohon yang paling pendek.
Posisi meringkuk
Posisi meringkuk dapat mencegah Anda dari sambaran petir. Jika Anda berada di tanah yang lapang, cobalah meringkuk untuk menghindari diri Anda menjadi obyek tertinggi di daerah area tersebut. Tapi, jangan berbaring di tanah karena hal tersebut dapat membuat area menjadi lebih luas dan memungkinkan Anda tersambar petir.
Hindari air dan logam
Air merupakan salah satu konduktor listrik. Jika petir terjadi saat Anda berada di dalam perahu, segeralah balik arah atau menuju ke daratan terdekat. Sementara jika Anda berada di tanah, menjauhlah dari tiang berbahan logam, sepeda, dan sepeda motor.
(Okz/jjs)

Posting Komentar

 
Top