SITUS Global Fire Power baru-baru ini merilis index ranking negara-negara yang memiliki kekuatan militer terkuat di dunia. Berdasarkan index ranking 2015, kekuatan militer Indonesia berada di urutan 12 sedunia.
Peringkat Indonesia yang dikeluarkan Global Fire Power menunjukkan bahwa kekuatan militer Indonesia menjadi yang paling kuat dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara.
Sebelumnya pada 2013, index ranking kekuatan militer dunia yang dibuat Global Fire Power menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat 15 dunia.
Berikut ini Okezone ungkap 15 negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia, seperti dilansir dari Global Fire Power (GFP), Kamis (17/9/2015).
1. Amerika Serikat (AS)
2. Rusia
3. China
4. India
5. Inggris
6. Prancis
7. Korea Selatan (Korsel)
8. Jerman
9. Jepang
10. Turki
11. Israel
12. Indonesia
13. Australia
14. Kanada
15. Taiwan
Global Fire Power merupakan merupakan sebuah situs yang menyediakan analisis kekuatan militer sebagian besar negara di dunia. Situs ini memberi informasi 100 negara dengan militer terkuat dengan basis 50 faktor berbeda.
Faktor-faktor yang digunakan GFP untuk menilai kekuatan militer sebuah negara adalah jumlah penduduk, usia warga yang bisa menjadi personel militer, anggaran militer, jumlah peralatan militer, konsumsi bahan bakar minyak (BBM), utang luar negeri, dan masih banyak faktor pengukur lainnya.
(Okz/aji)

Posting Komentar

 
Top