DENVER – Sebuah perusahaan kedirgantaraan dari Denver, Colorado, Amerika Serikat (AS) tengah meluncurkan kampanye penggalangan dana ekuitas untuk mengumpulkan dana sebesar USD50 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk memproduksi TriFan 600, pesawat jet enam penumpang bersayap tetap yang dapat lepas landas dan mendarat seperti helikopter (VTOL).

Pesawat ini dirancang untuk terbang secepat dan setinggi pesawat jet komersil saat ini, namun dapat mendarat dan lepas landas di landasan seukuran helipad, yang akan memotong kebutuhan untuk perjalanan ke bandara.

Menurut XTI yang dikutip MailOnline, jet ini menggunakan tiga baling-baling untuk lepas landas, dan kemudian berputar kedua baling-baling sayap depannya yang memungkinkan penerbangan berkecepatan tinggi.

XTI didirikan pada tahun 2009 oleh David Brody, mantan ketua dan kepala eksekutif AVX Aircraft Co, yang mengembangkan dan mempatenkan konsep jet bisnis baru.

Dalam perkembangannya selama lebih dari dua tahun, XTI merancang Trifan 600 untuk menjadi yang pertama bersertifikat komersial untuk pesawat terbang jenis VTOL ini.

(Okz/rtw)

Posting Komentar

 
Top