KULONPROGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo, Yogyakarta, menyiapkan dua bus cadangan dari Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik yang terlantar pada arus mudik Lebaran 2015.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kulon Progo, Nugraha, mengatakan, bus cadangan hanya dioperasikan untuk melayani pemudik asal Kulon Progo yang terlantar. Bus itu dioperasikan seminggu sebelum dan setelah Lebaran 2015.

"Pengoperasian bus cadangan itu untuk mengantisipasi pemudik yang tiba di Kulon Progo namun tidak mendapat tumpangan ke desa atau mereka tidak mendapat bus," ujarnya, Rabu (8/7/2015).

Dishubkomunfo telah berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan angkutan terkait dengan penambahan bus untuk pemudik terlantar itu. Saat berkoordinasi, perusahaan angkutan juga melontarkan penambahan armada untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Penambahan bus cadangan dari perusahaan PO Sinar Jaya, Maju Lancar, Sumber Alam, dan Raharja. Mereka sudah siap mengoperasikan bus tambahan, khususnya pada arus balik," kata Nugraha.

Untuk memperlancar arus mudik di Kulonprogo, dinas perhubungan setempat sudah membenahi rambu lalu lintas. "Kami juga akan memasang papan-papan petunjuk jalan, khususnya petunjuk jalan alternatif supaya pemudik tidak bingung," ucap Nugraha.
(Okz/abp/sw)

Posting Komentar

 
Top