SEBAGIAN orang menganggap Ramadan sebagai bulan yang melelahkan dan luar biasa menyiksa. Salah satunya adalah siksaan menahan hawa nafsu. Khusus bagi pria mungkin sulit menahan godaan saat melihat wanita cantik  saat sedang berpuasa.
 
Psikolog Melly Puspita Sari, Psi, M,NLPm mengatakan, hal itu wajar sebab setiap orang memiliki hawa nafsu. Hanya bedanya, pada saat berpuasa tidak dapat disalurkan pada waktu-waktu tertentu. Psikolog merangkap Kasubag Pengembangan Biro Kepegawaian dan Organisasi Settama BNN RI ini membagi tips agar pria dapat menahan godaan ‘wanita’ saat berpuasa.
 
Kontrol diri
Puasa adalah ibadah yang bertujuan melatih diri menahan hawa nafsu. Nafsu-nafsu yang tidak terkontrol di bulan selain Ramadan, kini pria lebih diingatkan lagi untuk menahan nafsunya.
Tidur
Dari pada tidak tahan melihat wanita, lebih baik melakukan kegiatan tidur. Kita sering mendengar kalau tidur itu ibadah di bulan Ramadan. Jadi lebih baik tidur.
Perbanyak ibadah
Saat Ramadan pahala beribadah di tambah berkali-kali lipat. Jadi, lebih baik perbanyak ibadah ketimbang memikirkan yang tidak-tidak.
(Okezone.com)

Posting Komentar

 
Top