KIEV – Kebakaran hebat melanda hutan di dekat pabrik nuklir Chernobyl di Ukraina. Kobaran api besar nyaris menyambar pabrik nuklir yang juga mempunyai sejarah bencana mematikan.

Sekira 200 petugas pemadam kebakaran yang didukung oleh truk dan pesawat, telah dikerahkan untuk mengatasi kobaran api yang menyambar area hutan yang sangat luas.

Menteri Dalam Negeri Ukraina, Arsen Avakov mengatakan, sekira 400 hektare hutan di sekitar pabrik nuklir dilalap api. Menurutnya, ada dugaan kebakaran itu sengaja diciptakan untuk mengacaukan keamanan di sana.

”Kebakaran itu dicurigai sebagai sebuah serangan, karena ada titik api di beberapa tempat di sekitar pabrik nuklir Chernobyl,” ujar Avakov, seperti dikutip BBC, Kamis (30/4/2015).

Juru Bicara Chernobyl, Maya Rudenko, mengatakan kepada AFP, tidak ada ancaman langsung pada pabrik nuklir yang pernah mengalami kecelakaan dahsyat pada tahun 1986 itu. Insiden itu terjadi Selasa 28 Apri, atau dua hari setelah peringatan 29 tahun bencana Chernobyl.

”Saya telah diberitahu bahwa situasi sudah normal. Layanan darurat kami secara aktif bekerja untuk menghentikan kobaran api.” ujar Perdana Menteri (PM) Ukraina Arseniy Yatsenyuk, seperti dilansir IB Times.

Okezone.com

Posting Komentar

 
Top