MARSEILLE - Kawanan pencuri menggasak lima lukisan berharga, termasuk salah satunya karya pelukis kenamaan asal Spanyol, Pablo Picasso.



Lima lukisan itu dicuri dari rumah seorang kolektor seni di selatan Prancis, Jumat lalu. Pemilik lukisan pun dilumpuhkan kawanan pencuri. Akibat insiden ini, sang koletor harus menjalani perawatan di rumah sakit akibat terluka. Sementara, nilai dari lukisan yang hilang masih dalam penghitungan otoritas terkait.



Seorang sumber seperti dikutip Reuters, Sabtu (22/5/2010), menyatakan lukisan karya Picasso yang dicuri merupakan sebuah gambar wajah perempuan.



Pencurian ini berlangsung hanya dua hari setelah karya Picasso lainnya digasak. Selain Picasso, lukisan karya Henri Matisse dan Amedeo Maodigliani ikut dibawa pencuri. Lukisan senilai 100 juta euro atau sekira Rp 1,17 triliun itu dicuri dari museum seni di Paris.



Pencurian lukisan kerap terjadi di Prancis sejak Desember tahun lalu. Kawanan membawa kabur 30 lukisan pada Januari tahun ini, salah satunya karya Picasso yang disimpan di sebuah rumah peristirahatan pribadi.



Menurut Art Loss Register, sebuah lembaga yang mendata lukisan karya seniman dunia yang hilang, Picasso merupakan seniman yang karyanya paling banyak dicuri. Sejauh ini Art Loss Register mendata sekira 170.000 lukisan berharga yang terdata hilang dari seluruh dunia.

(ton)




Sumber berita

Posting Komentar

 
Top