Negara kecil itu baru saja dibentuk pada 23 April 2015 lalu. Dengan demikian Enclava baru berumur 5 bulan.
Tahukah Anda, ternyata ada 'negara' baru di Eropa. Bernama Enclava, luasnya hanya sekitar 100 meter persegi. 

Enclava pertama kali diproklamirkan oleh warga Polandia bernama Kamil Wrona bersama dengan teman-temannya.
Dilansir dari situs resmi Enclava, negara kecil itu baru saja dibentuk pada 23 April 2015 lalu. Dengan demikian Enclava baru berumur 5 bulan.

Enclava berada di antara perbatasan Slovenia dan Kroasia. Meski terbilang kecil, negara ini diklaim sudah menarik perhatian lebih dari 5.000 orang dari seluruh penjuru dunia yang mendaftar untuk menjadi warga negaranya.

Para pendirinya menetapkan slogan untuk negara ini 'Civus Totius Mundi' yang berarti 'Penduduk Dunia'. Enclava memandang setara seluruh penduduknya. Tak membedakan berdasarkan warna kulit, agama atau apapun asal negaranya.

'Negara' baru ini juga menjamin warga negaranya bebas mengutarakan pendapat, memperoleh pendidikan secara gratis, dan tak mengharuskan mereka untuk membayar pajak pendapatan.

Sekilas keberadaan negara baru ini terkesan main-main, namun keunikannya justru dapat menjadi daya tarik baru bagi para wisatawan. 

Rencananya, Enclava akan menyediakan formulir bagi para traveler dunia yang ingin mendaftar sebagai warga negaranya melalui situs mereka.

Hingga saat ini sudah ada 139 pendaftar yang permohonannya dikabulkan. Anda tertarik untuk menjadi pendaftar berikutnya?

(Dream)

Posting Komentar

 
Top