NEW YORK – Keputusan Rusia yang mulai meluncurkan serangan udara ke Suriahuntuk memerangi kelompok militan ISIS banyak mendapat kritik dari negara-negara Barat. Namun, tidak sedikit juga negara lain yang mendukung peningkatan operasi militer Rusia di Suriah.
Salah satu dukungan muncul dari Pemerintah Venezuela. Perwakilan khusus Venezuela untuk PBB, Rafael Ramirez, menyatakan bahwa Pemerintah Venezuela mendukung sepenuhnya keputusan Rusia meluncurkan serangan udara ke Suriah.
“Kami mendukung keputusan itu karena percaya bahwa Pemerintah Rusia dan Suriah telah berkoordinasi terlebih dahulu sebelum meluncurkan serangan udara ke sana,” ujar Rafael Ramirez, seperti diberitakan Sputnik, Kamis (1/10/2015).
“Tidak seperti Koalisi Internasional pimpinan Amerika Serikat (AS). Mereka meluncurkan serangan udara ke Suriah, namun tidak koordinasi terlebih dahulu dengan Presiden Assad,” sambungnya.
Sebagaimana diberitakan pada Rabu 30 September, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan telah melancarkan serangan udara pertama ke basis militer ISIS di Suriah.
Serangan itu dilancarkan setelah Presiden Vladimir Putin mendapat dukungan dari Parlemen Rusia untuk menggelar operasi militer guna memerangi ISIS dan merespons pembicaraan dengan Obama di Sidang Majelis Umum PBB.
(Okz/aji)

Posting Komentar

 
Top