JIKA kamu ingin berbisnis, tidak perlu menunggu punya banyak uang hingga puluhan atau ratusan juta. Bahkan, tidak perlu utang ke bank atau mencari dana ke sana-ke mari hanya untuk membuka bisinis.
Sekadar mengingatkan bahwa membuka bisnis tidak melulu harus punya modal besar, kecuali kalau memang kamu menginginkan bisnis dengan segmen skala menengah ke atas. Tapi kalau masih pemula, kenapa tidak mencoba untuk berbisnis kecil-kecilan dulu, yang tentunya modalnya juga kecil.
Dengan begitu, kamu tidak perlu menunggu tabungan banyak atau berutang dulu untuk bisa berbisnis. Ada kok bisnis yang bisa kamu jalankan hanya dengan modal mini, baik itu bisnis online maupun bisnis offline.
Berikut ini enam ragam bisnis bermodal kecil yang bisa kamu pilih:
1. Bisnis toko kelontong
Bisnis toko kelontong ini memang paling banyak diminati lantaran menjual kebutuhan rumah tangga sehari-hari dan produknya juga paling sering dicari sehingga gampang habis.
Nah, kamu bisa menjadikan bisnis toko kelontong sebagai bisnis rumahan dengan biaya tak perlu besar. Kamu hanya perlu memanfaatkan sedikit halaman di rumah sebagai toko kelontong.
Lumayan kan karena kamu tidak perlu menyewa tempat. Apalagi kalau rumahmu berada di pinggir jalan. Sehingga makin strategis dikunjungi pelanggan.
Sebelum membuka toko kelontong, bagusnya kamu cek dulu apakah di sekitar rumahmu ada yang juga yang punya usaha sama. Kalau iya, kamu harus pintar menjual barang dan mematok harga agar tidak terlalu mahal.
2. Bisnis pulsa elektrik
Bisnis berbiaya rendah lainnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah bisnis pulsa elektrik. Pulsa termasuk barang yang banyak dicari karena saat ini setiap orang memiliki handphone, bahkan ada yang memilikinya lebih dari satu.
Melihat potensi tersebut, kamu punya kesempatan untuk membuka bisnis ini dan menjadikan orang-orang di sekitar kamu sebagai target pasar. Menjalankan bisnis ini juga sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan banyak tenaga karena yang dibutuhkan hanya handphone alias telepon genggam untuk operasionalnya.
3. Bisnis kuliner
Bisnis kuliner juga tak perlu modal besar tapi syaratnya, kamu harus mahir memasak karena yang dijual dalam bisnis ini adalah rasa makanan, bonusnya adalah tampilan yang menarik dan unik.
Misalnya, kamu bisa membuka katering atau sekadar membuat kue atau makanan sarapan, seperti nasi uduk atau bubur ayam. Kamu juga bisa membuat kuliner camilan di depan rumah, seperti sosis bakar dengan aneka rasa atau aneka minuman.
4. Bisnis Laundry
Makin sibuknya aktivitas orang membuat mereka mengurangi pekerjaan rumah sehari-hari seperti mencuci pakaian, sehingga bisnis cuci pakaian banyak dicari, terutama jika berlokasi di dekat kost-kostan, kontrakan, perumahan yang sibuk maupun kampus.
Kamu hanya perlu menyediakan beberapa mesin cuci dan mengerjakan bisnis ini sendiri atau bisa menyewakan mesin cuci kepada pelanggan. Bahkan, kamu juga bisa menawarkan menjemput pakaian yang akan di-laundry.
5. Bisnis jahit
Banyak orang yang masih membutuhkan jasa penjahit lantaran masih mereka ingin membuat baju sesuai dengan ukuran atau disain pribadi.
Nah, jika kamu bisa menjahit, jadikan keahlianmu itu sebagai modal untuk mendapatkan lembaran rupiah. Tapi kalau kamu tidak bisa menjahit dan hanya bisa membuat pola, kamu bisa menyewa orang yang memiliki keahlian jahit untuk menjalankan usaha kamu tersebut.
6. Bisnis pakaian
Bisnis lainnya yang bisa kamu jalankan dengan biaya tak perlu besar adalah berjualan fashion atau pakaian. Terpenting dari bisnis ini adalah pakaian atau fashion yang kamu dagangkan harus yang up to date atau bisa juga yang unik.
Kamu bisa menawarkan dagangan kamu secara online jika tidak ingin menambah anggaran untuk menyewa tempat. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan ke teman atau tetangga.
Berita ini pertama kali dipublikasikan oleh:
(Okz/wdi)

Posting Komentar

 
Top