ORANG Indonesia mengenal wonton dengan sebutan pangsit. Wonton biasanya menjadi sebutan untuk pangsit yang direbus dan disajikan bersama kuah kaldu. Lalu apa ciri khasnya?
Selembar kulit pangsit diisi dengan bahan isian sebelum kemudian direbus dalam air mendidih. Chef Arnold Poernomo mengatakan, wonton umumnya diisi dengan bahan yang terbuat dari udang.

“Biasanya diisi pakai udang, boleh pilih udang utuh yang sudah dibersihkan ataupun udang yang dicincang terlebih dahulu,” kata Chef Arnold ketika ditemui di Jakarta.


Udang yang menjadi isian biasanya hanya diberi bumbu sederhana seperti lada dan garam. “Tidak perlu banyak bumbu untuk membuat isian wonton, apalagi isinya udang. Yang terpenting adalah gunakan udang yang segar. Kalau udangnya segar pasti enak meskipun hanya diberi sedikit lada dan garam,” tambah chef ramah ini.

Sup wonton biasanya tersaji di restoran-restoran oriental karena pada dasarnya sup wonton banyak tersaji di China atau Jepang. Semangkuk sup wonton biasanya disajikan dengan pelengkap seperti irisan daun bawang dan potongan tahu putih, tapi tak jarang juga kadang wonton disandingkan dengan mi.

(Okz/ndr)

Posting Komentar

 
Top