JAKARTA – Sama halnya dengan Brasil, Italia, dan Spanyol, sepakbola juga mendarah daging di Inggris. Bagi masyarakat di Negeri Ratu Elizabeth tersebut, sepakbola adalah cinta dan harga diri, bahkan terkadang melebihi segalanya dalam kehidupan.

Pelatih legendaris Liverpool, Bill Shankly, pernah mengungkapkan bahwa sepakbola di negaranya bukanlah soal 'hidup dan mati', tetapi lebih dari itu! Pernyataan Bill tampaknya mewakili 'kegilaan' masyarakat Inggris yang tak dapat memisahkan sepakbola dalam kehidupan.

Bukan hanya masyarakat biasa, nama-nama besar yang dilahirkan di negara yang masuk wilayah Eropa Barat itu juga memiliki klub sepakbola favorit. Sementara bagi para musisi, sebagian dari mereka bahkan menciptakan anthem atau lagu kebangsaan untuk klub kesayangan, seperti yang dilakukan The Beatles untuk Merseyside Merah.

Vokalis dari grup band Arkarna, Ollie Jacobs, misalnya. Ollie yang belum lama ini mengaransemen ulang lagu ‘Kebyar-kebyar’ ciptaan Gomboh itu ternyata fans dari klub asal Kota London Utara, Arsenal. Kepada Okezone, ia menuturkan awal kisahnya menjadi Gooners.

"Saya fans Arsenal. Sejak kecil saya sudah mengidolai klub asal Kota London ini. Mereka adalah klub yang bagus," ungkap Ollie saat menyambangi Kantor Okezone, belum lama ini.

Ketika ditanya mengenai perjalanan Tim Meriam London di musim 2015–2016, Ollie optimistis pasukan Arsene Wenger akan tampil menawan. Terlebih, menurutnya, Arsenal baru saja menandatangani kiper hebat yakni Petr Cech.

"Arsenal akan tampil hebat hingga akhir musim. Saya percaya itu. Mereka memiliki sosok tangguh di bawah mistar gawang (Petr Cech)," sambungnya.

Berbicara mengenai musisi Inggris dan klub idola. Ollie bukanlah satu-satunya musisi Inggris yang memiliki klub favorit, para rocker dan metalhead tentu mengenal sosok Steve Harris. Basis Iron Maiden itu ternyata fans fanatik West Ham United. Rasa cinta Harris terlihat dari logo klub yang ia tempel di gitarnya.

Selain itu, ada pentolan Blur dan Gorrilaz, Damon Albarn, yang cinta mati dengan Chelsea; personel The Stone Roses, Ian Brown, yang menggilai Manchester United; Noel dan Liam Gallagher 'Oasis' yang merupakan fans setia Manchester City. Keduanya bahkan pernah merayu Alessandro del Piero untuk berlabuh ke Etihad Stadium.

Kemudian Mel C, penyanyi yang tergabung dalam girlband Spice Girl ini ternyata mengidolai Liverpool. Ada juga personel band legendaris Led Zeppelin, Robert Plant, yang diam-diam merupakan fans Wolverhampton.

Kemudian, Liam Tomlinson. Saking cintanya, personel One Direction itu bahkan membeli setengah kepemilikan klub kesayangannya, Doncaster Rovers. Liam memang terkenal menggilai klub divisi tiga Inggris tersebut sejak masih kanak-kanak. Berdasar alasan itu pula yang membuatnya membeli klub yang bermarkas di Keepmoat Stadium tersebut.

"Ini luar biasa dan merupakan sebuah kebanggaan karena saya adalah penggemar berat Doncaster," kata Liam saat itu.

(Okz/fir)

Posting Komentar

 
Top