LONDON – Timnas Inggris harus melakoni laga berat dalam lanjutan Kualifikasi Grup E Euro 2016 Prancis dengan kedatangan Swiss di Wembley Stadium, Rabu (9/9/2015) dini hari WIB. Tampil menekan sejak menit awal, skuad Tiga Singa akhirnya menyudahi laga dengan keunggulan 2-0 atas tamunya tersebut.

Tambahan tiga poin tersebut membuat tim asuhan Roy Hodgson itu memperpanjang rekor selalu meraih kemenangan dalam delapan laga yang sudah mereka lalui di babak kualifikasi Euro 2016. Selain rekor kemenangan Inggris, hadir satu rekor lagi yang diciptakan oleh Rooney.

Bomber berjuluk Wazza itu akhirnya menahbiskan diri sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang sejarah. Ia akhirnya sukses melewati 49 gol yang dimiliki oleh legenda The Three Lions, yakni Sir Boby Charlton.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Tujuh menit babak pertama baru berjalan, Inggris sudah mengancam gawang Swiss via aksi Gary Cahill. Menerima umpan dari Luke Shaw, bek Chelsea itu menyambutnya dengan tandukan terarah. Namun, bola hasil sundulan Cahill masih belum menemui sasaran.

Berjarak lima menit, Inggris sejatinya mampu mendapatkan hadiah penalti usai Stephen Lichtsteiner menyentuh bola di kotak penalti Swiss. Akan tetapi, wasit yang memimpin pertandingan tak menganggap hal itu pelangaran, dan tetap melanjutkan laga.

Wayne Rooney hampir saja membawa Inggris unggul 1-0 atas Swiss sekaligus mencatatkan rekor sebagai penyumbang gol terbanyak untuk The Three Lions. Menerima sodoran matang dari James Milner, kapten Manchester United itu lalu melepaskan sepakan ke arah gawang Swiss. Beruntung bagi tim tamu, Timm Klose masih mampu menghalau sepakan Rooney itu.

Pada menit 35, Swiss hampir membuat publik Wembley Stadium terdiam melalui aksi Xherdan Shaqiri. Sukses lolos dari jebakan offside, winger 23 tahun itu langsung merangsek ke dalam area pertahanan Inggris. Namun, aksinya mampu dipatahkan oleh Joe Hart.

Memasuki dua menit jelang turun minum, Swiss kembali mendapatkan peluang emas melalui pergerakan Ricardo Rodriguez. Akan tetapi, fullback milik Wolfsburg itu sudah terlebih dahulu terperangkap jebakan offside.

Babak Kedua
Paruh pertama baru berusia tiga menit, Inggris sudah mendapatkan kans untuk unggul atas lawannya. Adalah Ross Barkley yang hampir mencatatkan namanya di papan skor dalam laga ini. Akan tetapi, sepakan melengkung yang dilepaskan oleh pilar Everton itu masih mampu dihalau.

Hanya berselang lima menit, Rooney kembali membuang kans untuk mencetak gol yang diterimanya. Mendapatkan umpan silang dari Alex Oxdale-Chamberlain, pemain 29 tahun itu menyambutnya dengan tandukan. Namun, Sommer masih mampu menghalau hasil tandukan itu.

Harry Kane! Akhirnya mampu membuka keunggulan untuk Inggris di menit 67. Melanjutkan operan dari Shaw, bomber berjuluk Hurri-Kane itu sukses merangsek masuk ke dalam kotak penalti Swiss, dan menyudahi aksinya itu dengan sepakan yang tak mampu dihalau Sommer. Inggris 1-0 Swiss.

Tersentak dengan gol yang dicetak Inggris, Swiss langsung menaikkan tempo permainan. Alhasil, sebuah peluang emas didapat oleh Shaqiri di menit 69. Akan tetapi, aksi mantan pilar Bayern Munich itu masih mampu digagalkan oleh Chris Smalling.

Memasuki 15 menit jelang bubaran, Swiss lagi-lagi nyaris mencetak gol penyeimbang kedudukan. Adalah Haris Seferovic yang hampir membuat Hart memungut bola dari dalam gawangnya. Beruntung, sepakan bebas dari bomber Frankfurt itu melambung di atas gawang tim tuan rumah.

Rooney sukses memecahkan rekor milik Sir Boby Charlton usai mencetak gol sekaligus menambah keunggulan Inggris jadi 2-0 atas Swiss pada menit 85. Dipercaya sebagai eksekutor sepakan penalti, mantan pemain Everton itu tak membuang kesempatannya dengan sukses menaklukkan Sommer.

Hingga peluit panjang ditiupkan sang pengadil lapangan bertanda usainya laga, tak ada gol tambahan yang mampu dicetak oleh kedua kesebelasan. Tim tuan rumah, Inggris, akhirnya mampu menaklukkan tamunya, Swiss, dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain
Inggris (4-3-3): Hart; Clyne (Stones 68’), Cahill, Smalling, Shaw; Milner, Shelvey (Kane 57’), Delph (Barkley 3’); Oxlade-Chamberlain, Sterling, Rooney.

Pelatih: Roy Hodgson
Swiss (4-3-3): Sommer; Lichtsteiner, Klose, Schar, Rodriguez; Xhaka, Inler, Behrami (Dzemaili 80’); Shaqiri, Stocker (Seferovic 73’), Drmic (Embolo 57’).

Pelatih: Vladimir Petkovic

(Okz/fmh)

Posting Komentar

 
Top