BERBARING di tempat tidur darurat, Huynh Van Dat hanya bisa mendengar ratapannya sendiri.Tangan kurus yang terlihat memegangi dada kurus, di mana tulang rusuknya terlihat menonjol di balik kulitnya yang mengendur. Tapi yang paling mengejutkan dari semua adalah wajahnya.
Kulit dan bentuk wajah luarnya habis dan hanya menyisakan daging busuk.Kondisi ini terjadi akibat penyakit misterius yang perlahan-lahan memakan atap mulut, pipi, dan matanya. Pria 51 tahun dari Saigon di Vietnam Selatan ini tidak lagi bisa makan dan nyaris tidak bisa bicara.
Dalam video yang diambil oleh media lokal, lidahnya terlihat bergerak melalui kawah di wajahnya dan ia jelas merasakan sakit.Setelah kisah memilukannya muncul di media, dokter top di negeri tersebut pun sepakat untuk menangani kasus tersebut.
Istri Dat, Huynh Thi Trieu, mengatakan bahwa meskipun ia tidak bisa lagi makan dengan benar atau berbicara, dia masih sehat jasmani dan ia sangat menyadari nasib mengerikan yang telah ia derita sejak gejalanya dimulai 11 tahun yang lalu.
Trieu, yang juga 51 tahun, mengatakan kondisi suaminya yang pertama muncul dengan sendirinya pada tahun 2004, ketika ia mulai mimisan tiga atau empat kali sehari. "Dia mencoba obat-obatan tradisional, tetapi tidak ada perbaikan. Masalah juga terjadi pada matanya yang terus-menerus berair,” ungkapnya.
Dat pergi ke Rumah Sakit Hoa Hoa di Saigon untuk diperiksakan kondisinya. Dokter menyadari ada masalah dengan partisi hidungnya yang didiagnosis sebagai septum hidung menyimpang sebelum akhirnya dioperasi.
Tapi itu tampaknya tidak memperlambat laju penyakit. Setahun kemudian, setiap kali Dat minum air, air itu masuk ke dalam hidung melalui lubang di langit-langit mulutnya. Beberapa bulan kemudian, lubang semakin besar dan Dat menjalani operasi lebih lanjut setelah hidungnya runtuh dan gagal.
Meskipun diberitahu operasi lain bisa memecahkan masalah, ia tidak mampu membiayai semua perawatan medis yang diperlukan. Ketika dananya habis, ia kembali ke rumah dan mencoba untuk menyembuhkan diri dengan menggunakan obat tradisional.
“Penyakit, yang dimulai dengan sebuah lubang di hidungnya, semakin parah dan memakan hidung, rahang atas, dan matanya. Memang tidak ada perdarahan, tetapi ketika ia masih bisa berbicara dia mengatakan kepada kami ia sangat kesakitan,"tutur sang istri, sepeti dilansir dari Dailymail, Kamis (24/9/2015).
Dat yang sekarang buta menghabiskan hari-harinya dengan berbaring di tempat tidur daruratnya. Sementara ia hampir tidak bisa bicara, ia masih memiliki kemampuan untuk menyentuh dan mendengar. Meskipun kondisinya mengerikan, istri Dat mengatakan keluarga sekarang terlalu miskin untuk membawanya ke rumah sakit.
Tapi setelah cerita dan gambar Dat beredar di media lokal, tim medis mengunjunginya dan berjanji untuk melakukan apa yang mereka bisa untuk membantu untuk meringankan penderitaannya. Namun laporan tidak menunjukkan apakah pengobatan akan dimulai atau apakah ada harapan untuk memperbaiki kerusakan yang didapt Dat.
(Okz/ren)

Posting Komentar

 
Top