MUNGKIN banyak orangtua berpikir dan kagun tentang bagaimana orang lain dapat mengajarkan anaknya patuh dan memnghormati keputusan orang tua.
 
Entah itu soal aturan atau ketidaksetujuan saat anak meminta sesuatu. Semantara, Anda kewalahan menghadapi anak yang suka membantah, mengkritik, bahkan harus dihukum dulu baru mengerti.
 
Jangan cepat frustasi dalam mengasuh anak. Jika orangtua terpancing emosi, anak akan mudah trauma, merengek, berteriak, dan berdebat. Berikut cara mengajarkan anak patuh pada orangtua.
Menjadi role model
Seperti diketahui, orangtua adalah guru dan role model bagi anak-anaknya. Anak-anak akan belajar dengan melihat apa yang dilakukan orang dewasa. Tantang diri untuk menjadi panutan yang baik bagi anak, artinya menjadi orangtua yang patuh untuk tidak mementingkan diri sendiri. Dengan begitu anak akan mencontoh. Misal, ketika melarang anak menonton televisi, berarti Anda juga harus menahan diri.
Cara memberi izin
Biarkan anak-anak tahu bahwa penting menghormati aturan dan keputusan saudara, teman, guru, dan orangtua. Bicara tentang hormat dan tidak hormat serta konsekuensinya.
Gunakan bahasa tepat
Ketika melarang anak, coba jelaskan secara rinci maksud Anda, termasuk konsekuensinya. Misalnya, "ibu pikir sebaiknya... atau tahukah kamu bagaimana perasaan ibu jika kamu berbuat..." Dengan begitu anak akan paham dan patuh.
Bersedia mendengarkan
Jika anak bicara berikan perhatian penuh. Dengarkan perspektif mereka dan pastikan Anda mengdengar dengan benar. Bila Anda menghormati anak, tentu dia juga akan melakukan hal yang sama dan patuh. Demikian dilansir Familyshare, Minggu (2/8/2015).
(Okz/vin)

Posting Komentar

 
Top