JAKARTA — Ruang bawah tanah mass rapid transit (MRT) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, sudah tampak kerangkanya. Pada Kamis (13/8/2015), sejumlah pekerja proyek tampak menggelontorkan adukan semen ke lantai-lantai ruang bawah tanah tersebut.

Setidaknya, sepanjang 500 meter ruas ruang bawah tanah sedang dalam tahap pengecoran. "Dari tadi pagi bagian bawah tanah lagi diisi (semen) oleh dua truk molen. Sudah beberapa minggu ini ngecor bagian bawah," kata Saidi, salah satu mandor proyek MRT, yang ditemui di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Kamis (13/8/2015).

Dari pengamatan Kompas.com, dua unit truk alat berat berwarna putih juga digunakan untuk mengalirkan semen ke bagian bawah tanah itu. Di sisi lain, beberapa pekerja tampak meratakan semen yang telah digelontorkan.

Sementara itu, perangkat mesin bor untuk pengeboran terowongan jalur bawah tanah MRT telah diturunkan di kawasan Patung Pemuda Membangun, Senayan. Namun, perangkat mesin bor itu masih belum dioperasikan karena masih dalam tahap perakitan.

Rencananya, mesin bor itu akan mulai dioperasikan setelah rampung dirakit pada September nanti.

Jalur MRT tahap pertama ini membentang 16 kilometer dari Lebak Bulus ke Bundaran HI. Jalur ini ditargetkan mulai dioperasikan pada 2018.


(Kompas.com/sw) 

Posting Komentar

 
Top