PONTIANAK - Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) siap menggelar perhelatan akbar Sail Karimata di Kabupaten Kanyong Utara pada 2016 mendatang. Even tersebut akan diikuti oleh berbagai negara dari Asia, Amerika, Australia, dan Eropa.

Perhelatan akbar tersebut ditujukan salah satunya untuk memajukan sektor pariwisata, khususnya pada potensi kelautan. Pasalnya, even tersebut akan melibatkan para pelayar yacht dari berbagai negara.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar, Gatot Rudiyono, mengatakan, keterlibatan para pelayar kapal yacht asing dari beberapa negara diharapkan memberikan dampak positif bagi pamor Selat Karimata di mata internasional.

"Pulau Karimata beserta perairannya selama ini dikenal sebagai wilayah suaka ikan dengan keberadaan biodiversitas," ucapnya yang dikutip Nyolong News dari  Okezone, Jumat (28/8/2015).

Gatot menjelaskan, meskipun leading sector bagi penyelenggaraan Sail Karimata berada pada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, namun pada pelaksanaannya nanti perhelatan tersebut akan melibatkan berbagai unsur, seperti Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi.

"Tidak hanya dari segi kelautan, tapi juga potensi lainnya. Sehingga, pihak DKP provinsi Kalimantan Barat menilai Sail Karimata dapat dirangkaikan dengan berbagai even pariwisata lainnya," imbuhnya.
Sementara pada 2015, helatan serupa bertajuk Sail Tomini akan berlangsung di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. (ira)

(Okz/ful)

Posting Komentar

 
Top