JAKARTA - Setelah ekonomi Amerika goyah, China menjadi negara yang kerap unjuk gigi di dunia. Buktinya, dari segi ekonomi, China diakui oleh G-20 sebagai negara nomor satu.
 
Kemampuannya dalam menciptakan teknologi, produk China kini sudah mendunia. Sebut saja Xiaomi, produk telepon pintarnya sudah menggurita. China juga memiliki e-commerce Alibaba yang mampu mencetak keuntungan IPO terbesar di Wall Street.

Pekan ini, dunia pun disuguhkan fakta bahwa China sangat berpengaruh terhadap market. Penyebabnya China menerapkan devaluasi yuan dan memangkas tingkat suku bunga acuan sebanyak 25 basis poin menjadi 4,6 persen. Walhasil, market pun menjadi jungkir balik. Tidak terkecuali Indonesia.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa China begitu berpengaruh terhadap perekonomian dunia? Ternyata Negeri Tirai Bambu itu memiliki delapan kelebihan yang sangat signifikan bagi ekonomi dunia. Apa sajakah?

Berikut ini delapan fakta kekuatan China di pusaran ekonomi dunia, seperti dikutip dari data Litbang MNC Media, Jumat (28/8/2015).

1. China merupakan konsumen minyak terbesar kedua dunia.
2. China merupakan konsumen batu bara terbesar di dunia.
3. China merupakan pemegang surat utang Amerika terbesar 

pertama.
4. China merupakan mitra terbesar Indonesia, menjadi tujuan ekspor terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

5. China merupakan pasar terbesar bagi komoditi mineral dan batu bara. 

6. China sejak lama membiarkan nilai tukar mata uangnya rendah terhadap dolar Amerika Serikat, dan menjadikannya ini sebagai senjata utama untuk menggenjot ekspor.

7. China memiliki cadangan devisa terbesar dunia, diperkirakan lebih dari USD3 triliun.

8. Kegiatan ekonomi China menggurita ke berbagai kawasan dan sektor industri di dunia.

(Okz/rzk)

Posting Komentar

 
Top