Lomba Gerak Jalan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tingkat Kota Batam yang digelar Pemerintah Kota Batam melalui Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Batam disambut antusias ribuan peserta, Rabu (12/8). 

Bahkan, kegiatan itu jadi ajang unjuk kebolehan dan kreativitas peserta dalam balutan kostum dan busana unik.
 
Total, ada 482 regu yang mengikuti gerak jalan dan dilepas langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan di depan Kantor Wali Kota Batam di Jalan Engku Putri Batam Centre. 

Tiap regu tak hanya siap secara fisik untuk melalui kilometer-kilometer jalan, tapi juga tampak serius mempersiapkan penampilan. 

Karena dalam lomba ini, kekompakan juga menjadi poin penilaian.
Di antaranya, peserta dari regu Humas Pemko Batam, yang tampil mengenakan atribut layaknya pewarta dan penyampai informasi. Ada yang mengenakan replika kamera dalam ukuran besar, namun ada juga yang menggenggam replika cuku catatan.

“Biasanya kami bertugas menyampaikan kegiatan tersebut ke masyarakat, kali ini kami ikut turun jadi kami juga tampilkan apa yang menjadi pekerjaan kami sehari-hari,” jelas Kabag Humas Pemko Batam, Ardi Winata, kemarin.

Ia mengatakan, pada kegiatan itu peserta dari regu Humas juga antusias lantaran perayaan kemerdekaan itu  juga momen spesial. Terlebih, kata Ardi, ini adalah perayaan ke-70 Kemerdekaan Indonesia yang juga harus diperingati secara spesial.

“Kami senagja mempersiapkannya, bahkan kami latihan selama dua hari untuk acara ini, apalagi kami ambil yang rute tengah yakni 8 kilometer,” terang Adrdi.

Selain itu, ada juga regu lain yang berasal dari kelompok anak sekolah. Mereka tampil unik dengan menutupi badan hingga kepalanya dengan kardus sehingga menyerupai karakter Danbo, robot kardus dari Jepang.

Sementara itu, regu dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satypol PP) Kota Batam yang menurunkan 11 orang dalam tim juga tak mau kalah beraksi. 

Pada satu regu, ada yang berdandan ala waria, kemudian ada juga yang berdandan seperti pasangan dengan tulisan “kumpul kebo” di bagian punggungnya. 

Hal itu, merupakan representasi kegiatan mereka setiap hari, yakni menegakkan peraturan daerah dan membantu menata ketertiban umum.

Ada tiga kategori panjang rute yang harus ditempuh peserta, yakni 5 km, 8 km, dan 17 km. Sisa rintik hujan yang turun sejak subuh di Kota Batam, tak membubarkan barisan gerak jalan ini hingga ke titik finish yang berada di tempat start.

Sementara itu, Kepala Kanpora Batam, Syaiful Bahri mengatakan untuk kategori 5 km, diikuti 198 tim yang berasal dari pelajar SD, ibu-ibu PKK dan Dharma Wanita, perwakilan hotel, dan masyarakat umum. Sedangkan kategori 8 km diikuti 193 peserta dari pelajar SMP, perwakilan SKPD putera dan puteri, BUMN, dan PGRI puteri. Dan untuk kategori 17 km diikuti 91 regu SMA putera.

“Total hadiah yang kita siapkan untuk lomba kali ini adalah Rp 197.500.000,” ujarnya.

(Tribunbatam/rna/sw)

Posting Komentar

 
Top