Perusahaan air bersih PT Adhya Tirta Batam (ATB) tengah melakukan pemasangan PRV, mulai bulan Agustus ini. Dampaknya, aliran air di perumahan mengecil. 

Ini seperti yang terjadi di komplek perumahan Legenda Bali. Hidayat, warga di perumahan itu, mengatakan, aliran air mengecil mulai pukul 11.00 WIB.

“Tidak tahu penyebabnya apa,” katanya.
PRV kepanjangan dari pressure reducing valve. Ini satu bagian dalam instalasi pipa yang berfungsi mengatur tekanan air.
Pemasangan PRV dilakukan guna menstabilkan tekanan air. Sebagai langkah pencegahan adanya tekanan air yang berlebih.

Dengan alat ini, tekanan air akan lebih stabil. Sehingga kebocoran  air dan kerusakan jaringan pipa dapat diminimalisir.
“Alat ini sangat penting dalam mengoptimalkan suplai air ke pelanggan,” kata Wijanarko Iksa, Public and Media Relation ATB.

Sepanjang Agustus ini, pemasangan PRV telah dilakukan di tiga waktu dan lokasi berbeda. Yakni, pada Jumat (7/8), Selasa (11/8), Rabu (12/8).

Pemasangan PRV yang dilakukan hari Jumat lalu, menyebabkan gangguan di Perumahan Kurnia Djaja Alam, Perumahan Cendana, Perumahan Gabana, dan sekitarnya.

Sementara pemasangan PRV pada Selasa lalu menyebabkan gangguan di daerah Perumahan Plamo Garden dan Bida Asri 1. Dan Rabu kemarin, gangguan terjadi di wilayah Perumahan Legenda Bali dan Perumahan Dutamas.

Iksa, begitu Wijanarko Iksa biasa dipanggil, mengatakan, pemasangan PRV akan terus dilakukan di titik-titik di seluruh wilayah Batam. Sebab, alat ini sangat penting.

Namun, jadwal pemasangan lanjutan belum keluar. Iksa mengatakan, ATB akan selalu memberi pengumuman setiap kali akan mengadakan pemeliharaan atau perawatan pipa.
“(Melalui) web, facebook, twitter, aplikasi mobile, dan sms broadcast,” tuturnya.  

(Tribunbatam/ceu/sw)


Posting Komentar

 
Top