JOMBANG - Ada yang berbeda dari penampilan Presiden Joko Widodo saat datang ke Muktamar NU Ke-33 di Jombang. Dalam acara pembukaan Muktamar, Jokowi mengenakan sarung yang dipadu dengan setelan jas berwarna hitam.
Jokowi sempat menyinggung penampilannya itu di hadapan ribuan muktamirin yang memadati Alun-Alun Jombang. Ia secara khusus membeli sarung tersebut untuk datang di pembukaan Muktamar NU Ke-33. "Sarung ini dibelikan istri saya kemarin. Dia bilang ‘Pak besok ke Muktamar pake Sarung’," kata Jokowi disela-sela sambutan pembukaan Muktamar NU, Sabtu (1/8/2015) malam.
Sarung tersebut sengaja dipakai oleh Jokowi saat transit di hotel. Rupanya sarung Jokowi ini sempat menarik perhatian Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri. "Saya ketemu Bu Mega dan beliau bilang ‘Dek sarungnya bagus, warnanya’," kelakar Jokowi.
Namun, mantan Gubernur DKI ini kaget ketika berada di area Muktamar NU. Rupanya, di lokasi banyak yang mengenakan jas. "Saya kaget waktu turun dari mobil justru banyak pakai jas," tambahnya.
Presiden Jokowi secara resmi membuka Muktamar NU ke-33 di Jombang. Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Jokowi yang didampingi sejumlah petinggi PBNU dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.
Dalam sambutannya, Jokowi atas nama negara mengucapkan terimakasih yang besar kepada Nahdatul Ulama yang menjadi perekat persatuan bangsa. Ia juga menyebut tragedi Tolikara merupakan pembelajaran agar tidak terulang lagi di masa mendatang. "Mari kita tingkatkan semangat toleransi kesatuan dan persatuan bersama NU," pungkas Jokowi.
(Okz/ful/sw)

Posting Komentar

 
Top