JAKARTA – Ice merupakan air yang membeku pada suhu 0 derajat Celsius. Namun tahukah Anda ternyata ice tersebut bisa memiliki suhu lebih dingin, padahal ia sudah memiliki suhu yang dingin.

Jawabannya adalah bisa. Ice bisa dijadikan lebih dingin lagi tanpa menggunakan alat pendingin seperti freezer, sehingga kemungkinan mencairnya menjadi lebih sedikit. Caranya terbilang mudah untuk membuat ice memiliki suhu yang lebih dingin lagi, sehingga waktu mencairnya sedikit lebih lama.

Bagaimana caranya? Seperti yang ditunjukkan video yang diunggah akun HooplaKidzLab di YouTube, Rabu (26/8/2015). Dalam video tersebut hanya dengan taburan garam sebuah tumpukan ice di dalam mangkuk itu dapat membeku.

Untuk mengujinya, cukup sediakan thermometer, kemudian masukkan ke dalam mangkuk berisi ice, maka dengan cepat thermometer akan menunjukkan penurunan suhu. 

Uniknya, saat penguji menabur garam dalam mangkuk berisi ice, perlahan, ice tersebut menunjukkan angka lebih dingin di thermometer, bahkan hingga menyentuh angka -14.0 derajat Celsius selama kurang dari semenit.

Jadi, jika Anda melihat ice yang ada di pesta pernikahan tidak cepat mencair, bisa jadi ice tersebut telah diawetkan suhu dinginnya menggunakan garam

(Okz/kem)

Posting Komentar

 
Top