Kepolisian Austria mengatakan perlu waktu hingga Jumat 27 Agustus untuk mengetahui jumlah pendatang yang tewas di dalam sebuah truk.

Pihak berwenang menemukan puluhan jenazah pendatang di dalam sebuah truk yang diabaikan di dekat perbatasan Hungaria, Kamis (27/08).

Sejauh ini polisi mengatakan tampaknya terdapat sekitar 20 sampai 50 jenazah di dalam truk dan diperkirakan mereka sudah meninggal dunia sebelum memasuki wilayah Austria.

Truk tersebut diperkirakan sudah ditinggal paling tidak sejak Rabu (26/08) dan kini sudah ditarik ke sebuah aula untuk mengidentifikasi jenazah.



Kanselir Austria, Walter Faymann, menyatakan tragedi itu menekankan perlunya kerja sama untuk mengatasi para kriminal dan penyelundup manusia.

"Hal ini kembali memperlihatkan betapa pentingnya menyelamatkan nyawa manusia dengan memerangi kriminal dan penyelundup manusia,."

"Hari ini orang-orang yang berupaya menyelamatkan jiwa dengan mengungsi, kehilangan nyawanya di tangan penyelundup," tambahnya.

Truk bersangkutan memiliki nomor plat Hungaria dan Kepolsian Hungaria sudah menegaskan akan bekerja sama untuk menemukan supirnya yang melarikan diri.

Perusahaan Hiza -yang namanya tertulis di sisi truk- mengatakan sudah menjualnya lebih dari setahun lalu.

(Bbcindonesia/sw)

Posting Komentar

 
Top