Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 di Batam akan terasa spesial. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam berencana untuk menggelar pelbagai kegiatan menyemarakkan peringatan tersebut selama hampir sepekan yang dimulai dari tanggal 14-18 Agustus nanti. Tak hanya itu, di beberapa lokasi perayaan akan berlangsung hingga bulan September mendatang.

“Setiap kecamatan ada acara, dan sudah dijadwalkan hingga 23 September mendatang,” ujar Sekertaris Panitia Pelaksana HUT RI ke-70 Pemko Batam, Said Khaidar, kemarin.
 
Beberapa rangkaian acara seperti pengukuhan Paskibraka, Pawai Obor, Renungan Suci, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, pemberian remisi bagi para narapidana dan kegiatan utama lainnya.

Tak hanya itu, akan ada juga acara penunjang di masing-masing kecamatan. Pelbagai lomba dan kegiatan hiburan telah disiapkan untuk memancing keterlibatan masyarakat menyemarakkan momen spesial 70 tahun HUT Kemerdekaan Indonesia tersebut.
“Bahkan ada malam resepsi kemerdekaan serta HUT Pramuka,” kata dia.

Kegiatan itu, ia menyambung, telah disetujui dalam rapat persiapan HUT RI bertema “Gerakan Nasional Ayo Kerja untuk 70 Tahun Indonesia Merdeka,” bersama seluruh Camat se-Kota Batam. 

Dalam pelaksanaannya, Pemko Batam akan melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada hingga aparatur di tingkat Kelurahan. 

Di setiap kecamatan, panitia akan melaksanakan kegiatan berbeda-beda seperti di Belakangpadang, panitia akan menggelar lomba sampan layar, di Bulang akan dilaksanakan lomba ketingting serta Bengkong akan melaksanakan smiling morning.

Terpisah, Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata mengatakan, seperti tahun tahun sebelumnya, Pemerintah menganjurkan seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam rangka peringatan hari kemerdekaan ini.

“Mulai 14 Agustus, sudah harus memasang bendera hingga tangga 18 Agustus mendatang,” kata Ardi.
Selain itu juga, setiap pekarangan rumah diminta untuk dibersihkan bila perlu pagar yang ada di cat ulang agar terlihat rapi dan juga bersih.

“Ini bentuk himbauan dari Pemerintah dan setiap tahunnya begitu,” ujarnya. 

(Batampos/rna)


Posting Komentar

 
Top