Sudah pernah dengar tentang velaterapia? Velaterapia adalah metode perawatan rambut dari Brasil yang sedang tren di luar negeri saat ini. Pasalnya, model-model Victoria's Secret seperti Alessandra Ambrosio dan Barbara Fialho mengandalkan cara ini untuk mendapatkan rambut sehalus sutera.
 
Prinsip dasar veleterapia adalah membakar rambut dengan api lilin untuk menyingkirkan cabang dan menghaluskan folikel rambut.
"Ini adalah proses di mana api membakar rambut , meninggalkan nutrisi di bagian dalam, menghilangkan cabang dan kerusakan rambut yang disebabkan karena menyisir dan bahan kimia lainnya," tutur Laces Salon di Brasil kepada Business Insider.

Langkah-langkahnya cukup sederhana. Tinggal membagi rambut menjadi beberapa bagian, pilin kecil-kecil, kemudian bakar permukaan rambut yang dipilin tadi dengan api lilin secukupnya.

Prosedur ini biasanya memakan waktu 2 atau 3 jam, tergantung panjang rambut klien. Hasilnya, rambut jadi benar-benar halus dan berkilau seperti iklan sampo.

Dilaporkan Buzzfeed, Barbara Fialho adalah selebriti pertama yang mempopulerkan velaterapia di dunia kecantikan. Sekarang pamor perawatan ini kembali menanjak di tahun 2015 gara-gara Alessandra Ambrosio. Sekarang sudah mulai banyak salon kecantikan yang menyediakan velaterapia.

Namun bukan berarti perawatan rambut ini tidak mengundang kritik. Sebagian ahli justru menganggap perawatan ini tak bagus untuk kesehatan rambut.

"Mungkin pembakaran dapat menghilangkan cabang di rambut, tetapi Anda juga menciptakan potensi kerentanan untuk serat rambut, yang menjadikan helai rambut rapuh," kata Elizabeth Cunnane-Phillips, seorang trichologist di Kingsley Clinic Philip kepada Refinery 29 . "Ada banyak cara yang lebih efektif untuk menghilangkan cabang rambut daripada membakarnya. Menurut saya, jangan mengambil risiko."

Tapi kalau kamu ingin mencoba perawatan kecantikan asal Brasil ini juga sah-sah saja, kok. Tapi pastikan untuk memercayakannya kepada profesional di salon-salon yang sudah terpercaya, ya.
(Mdk/tsr/sw)

Posting Komentar

 
Top