WINA – Batas waktu perundingan nuklir antara lima negara dengan Iran di Wina, Austria, berakhir pada Selasa 7 Juli 2015. Para perunding memastikan pembicaraan nuklir akan berlanjut di Wina.

Menteri luar negeri dari Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, China, Rusia, dan Jerman menggalakkan perundingan dengan Iran selama beberapa hari terakhir setelah batas waktu pekan lalu berakhir tanpa membuahkan kesepakatan.

Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, mengatakan perundingan akan dilanjutkan beberapa hari mendatang.

Sikap optimis juga ditunjukkan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang mengatakan ada landasan kuat untuk meyakini bahwa kesepakatan mungkin bisa tercapai dalam waktu dekat.

"Kami menyelesaikan delapan atau sembilan masalah, kurang dari 10. Kami perlu merampungkan rinciannya," kata Lavrov, sebagaimana dikutip BBC, Rabu (8/7/2015).

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius mengatakan perundingan kemungkinan akan dilanjutkan sampai Rabu malam waktu setempat.

Adapun beberapa persoalan yang masih mengganjal, lanjutnya, adalah sanksi terhadap Iran, penelitian dan pembangunan, serta inspeksi situs-situs nuklir di Iran oleh tim internasional.

AS, Inggris, Prancis, China, Rusia, dan Jerman menghendaki Iran mengurangi aktivitas nuklir sehingga tidak sampai mampu membuat senjata.
(Okz/hmr/sw)

Posting Komentar

 
Top