NANJING – Kakek berusia 86 tahun asal China bernama Wang Xia telah menginspirasi banyak pelajar untuk tidak menyerah dalam menuntut ilmu. Pasalnya, Wang Xia nekat ingin kembali ikut ujian masuk universitas meski sudah gagal sebanyak 15 kali.

Wang Xia tidak peduli dengan usianya yang sudah menginjak 86 tahun. Dia bertekad untuk kuliah dan meraih gelar impiannya yakni sarjana kedokteran.

Wang Xia pertama kali mengikuti ujian masuk universitas pada 1949. Pria asal Kota Nanjing, China itu terus mencoba ikut ujian masuk perguruan tinggi setelah Pemerintah China menghapus batas usia maksimal sebagai syarat masuk universitas.

Meski gagal berkali-kali, Wang Xia berharap tahun ini ia beruntung dan dapat menjadi mahasiswa. Jika Wang Xia pada kesempatan kali ini berhasil lulus ujian, ia mungkin akan menjadi mahasiswa tertua di China. Di sana, setiap tahunnya ada sekira 9 juta calon mahasiswa yang bersaing dalam ujian masuk universitas.

“Saya telah mempersiapkan secara menyeluruh untuk saat ini. Saya tidak gugup dan akan melakukan yang terbaik,” ujar Wang Xia, seperti dimuat Daily Mail, Selasa (9/6/2015).

Ketika ditanya rencananya jika berhasil dalam seleksi menjadi mahasiswa baru di universitas, Wang Xia mengatakan, ”Mari kita tunggu sampai saya lulus ujian ini dulu.”

Dia masih ingat pada 1950 hingga 1960-an empat kali berturut-turut gagal ujian masuk perguruan tinggi.

Wang Xia selama empat dekade telah belajar ilmu kedokteran dan ingin membuka klinik. Namun, dia yakin pasien tidak akan yakin dengan kemampuan medisnya jika tidak memiliki gelar sarjana kedokteran.

Pada 2007, pihak Nanjing Medical University sejatinya pernah memberikan gelar kehormatan atas usahanya. Namun, pria tua ini mengaku tidak akan menyerah untuk mendapat gelar dengan caranya sendiri.

Okezone.com

Posting Komentar

 
Top