Antusiasme warga asing akan seni dan budaya Indonesia sangat besar. Hal ini menjadikan rasa bangga bagi pelaku seni Indonesia.
Kelompok yang bergerak di bidang seni, ‘Warna Indonesia’ sudah sering kali mempromosikan kesenian dan kebudayaan Indonesia ke mancanegara lewat tari-tarian dan lagu nusantara. Hal ini sangat menarik minat penonton di mancanegara.

“Antusias mereka (warga asing) menyaksikan seni dan budaya Indonesia luar biasa sekali. Mereka sangat menghargai apa yang kita punya,” tutur Ai Syarif selaku pimpinan ‘Warna Indonesia’ kepada Okezone di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Mal, Jakarta Pusat.

Melihat antusias penonton di sejumlah negara yang pernah didatangi, Ai mengaku sedih melihat antusias masyarakat Indonesia sendiri yang terlihat kurang.

“Saya sedih menlihat antusias masyarakat Indonesia sendiri ke seni dan budaya yang kurang. Di negara lain kesenian dan kebudayaan kita dihargai,” ujarnya.

‘Warna Indonesia’ berdiri tanggal 17 Juli 1989. Sejak saat itu, kelompok ini telah mempromosikan kesenian dan kebudayaan Indonesia di sejumlah negara Eropa Timur seperti Rusia. Namun kini mereka juga telah berhasil menampilkan kesenian dan kebudayaan dalam International Folklore Festival yang kerap digelar di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Australia, Austria, Amerika dan juga negara-negara Eropa seperti Jerman, Italia, Republik Ceko, Belanda dan Prancis.
(Okezone.com)

Posting Komentar

 
Top