AMMAN – Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) mengecam Pemerintah Yordania. Mereka dianggap telah menelantarkan ratusan pengungsi Suriah di gurun pasir sepanjang garis perbatasan kedua negara.

“Pemerintah Yordania sengaja menghambat para pengungsi Suriah masuk ke negaranya,” ujar salah seorang aktivis HAM yang tidak mau disebutkan identitasnya, seperti dilansir Al Arabiya, Kamis (4/6/2015).

Aktivis HAM pun menilai telah terjadi pelanggaran kemanusiaan oleh Pemerintah Yordania. Sebab,para pengungsi Suriah harus rela menunggu di gurun pasir untuk bisa masuk.

“Yordania seharusnya tidak melakukan hal tersebut. Lebih baik berkomunikasi dengan UNHCR agar mereka bisa ditangani dengan baik,” tambah aktivis HAM tersebut.

Pemerintah Yordania sebenarnya telah membuka pintu perbatasan dengan Suriah. Namun, pemerintah khawatir jika anggota kelompok teroris bisa masuk ke negaranya.

UNHCR saat ini mencatat 600.000 pengungsi Suriah kini berada di Yordania, tetapi diperkirakan ada 1,5 juta Pengungsi Suriah yang tidak terdata oleh UNHCR.

Sumber: Okezone.com

Posting Komentar

 
Top