Ihsan Maulana (kanan) jadi penentu kemenangan Indonesia atas Malaysia dengan skor 3-2. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)

Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia berhasil lolos ke babak final cabang olahraga bulutangkis beregu putra setelah menang 3-2 melawan Malaysia di babak semifinal, Kamis (11/6). Kemenangan ini diwarnai oleh aksi luar biasa Ihsan Maulana Mustofa di pengujung pertandingan.

Indonesia selalu tertinggal lebih dulu di empat partai awal ketika Malaysia mampu memaksimalkan keunggulan kekuatan tunggal putra lewat Chong Wei Feng dan Lee Chong Wei.

Wei Feng mengalahkan Jonatan Christie dengan skor 21-18, 13-21, 21-15, sedangkan Chong Wei mampu menaklukkan Firman Abdul Kholik, 21-19, 21-10.

Namun Indonesia sendiri sukses untuk bertahan di persaingan lantaran dua ganda Indonesia mampu merebut poin di partai kedua dan keempat. Angga Pratama/Ricky Karanda menaklukkan Goh V Shem/Tan Wee Kiong, 21-17, 15-21, 21-17, sedangkan Kevin Sanjaya/Markus Fernaldi Gideon menumbangkan Mak Hee Chun/Teo Kok Siang, 21-10, 21-13.

Berlanjut ke partai penentuan, Ihsan tampil menghadapi Mohammad Arif Abdul Latif. Pada game pertama, Ihsan sukses menguasai ritme permainan dan membuat Arif tak berdaya dengan smash-smash keras miliknya. Alhasil, Ihsan pun dengan mudah memenangkan game pertama dengan skor 21-12.

Memasuki game kedua, arah permainan berubah ketika Arif berhasil memimpin perolehan angka sejak awal. Pada interval, Arif unggul 11-4 dan terus berlanjut hingga ia mendapat game point pada angka 20-14.

Di saat tim Malaysia mulai yakin Arif mampu memaksakan terjadinya rubber game, Ihsan berhasil menunjukkan tekad pantang menyerah yang ia miliki.

Pada momen terdesak seperti inilah, Ihsan justru terlihat tampil lebih tenang dan rileks. Ia mengumpulkan poin demi poin dan perlahan mendekati angka Arif. Di lain pihak, Arif justru makin tertekan dan dengan mudah membuat kesalahan.

Ihsan akhirnya sukses memaksakan terjadinya deuce dan sebuah adu netting yang ia menangkan membuat ia mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 22-20 sekaligus memastikan tiket final menjadi milik Indonesia.

Pada babak final nanti, Indonesia akan menghadapi Thailand yang mampu menaklukkan tuan rumah Singapura di babak semifinal dengan skor 3-2.

Sayangnya langkah tim beregu putra ke babak final tidak diiringi oleh tim beregu putri. Di sektor beregu putri, Indonesia harus rela dengan raihan medali perunggu setelah kalah 1-3 dari Malaysia di babak semifinal pada Kamis siang. (Cnnindoneisa)

Posting Komentar

 
Top