TANJUNGPINANG - Pada Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, suasana arus mudik sudah dipastikan akan terjadi di beberapa wilayah Kepulauan Riau. 

Baik yang menggunakan maskapai, kapal laut hingga menggunakan kendaraan bermotor untuk ke kampung halamannya.

Peningkatan aktivitas arus mudik tersebut, mulai tampak di pelabuhan laut kapal roll on roll off (Ro-ro) Pulau Dompak Tanjungpinang, pada Senin (29/6/2015) pagi.

Pelabuhan yang biasanya tidak dipadati kendaraan bermotor, kini mulai dipenuhi dengan puluhan kendaraan roda dua, empat dan enam.

Namun demikian, peningkatan arus mudik lebaran ini sudah diantisipasi oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ferry Cabang Batam.

Kepala PT ASDP Ferry Cabang Batam, Dadaq Wijanarko memastikan akan menyediakan enam unit kapal roro untuk melayani para penumpang yang hendak melakukan mudik maupun pada arus balik setelah lebaran, baik dalam wilayah Kepri maupun ke luar Kepri.

"Untuk pelayanan arus mudik dan balik lebaran, kami menyediakan enam unit kapal Roro. Keenam kapal tersebut, kini sudah berada dalam kondisi siap berlayar," ungkap Dadaq kepada Tribun Batam.

Menurut Dadaq, tiga dari enam unit kapal itu akan dioperasikan untuk melayani pelayaran dari pelabuhan Punggur Batam ke Tanjung Uban dan sebaliknya.

Pengoperasian ketiga kapal ini akan dioptimalkan sesuai kondisi kepadatan penumpang yang menyeberang di antara kedua pelabuhan tersebut.

"Kalau penumpangnya padat maka kami akan menambah trip pelayaran di luar jadwal pelayaran yang berlaku," jelasnya.

Sementara tiga unit kapal lainnya, akan dioperasikan dengan rute pelayaran, Tanjungpinang-Tanjung Balai Karimun-Batam, Dabo-Tanjungpinang-Dabo-Batam dan Tanjung Balai Karimun-Mengkapan (Riau).(Tribunnewbata.com)


Posting Komentar

 
Top