SANTIAGO – Cile mengukuhkan diri sebagai juara Grup A usai menghabisi Bolivia dengan skor 5-0 di laga pamungkas Grup A Copa America 2015, Sabtu (20/6/2015). Masing-masing gol dilesakkan oleh sepasang gol Charles Mariano Aránguiz, Alexis Sánchez, Gary Alexis Medel, dan gol bunuh diri Ronald Raldes Balcázar.

Hasil sempurna di Estadio Nacional Julio Martínez Prádanos, Santiago de Cile, sekaligus mengantar tuan rumah melangkah ke putaran selanjutnya. Sementara Bolivia tetap melangkah dengan status runner up dan koleksi empat angka.

Jalannya Pertandingan:

Babak pertama
Pelatih Jorge Sampaoli masih mengandalkan duet Eduardo Jesús Vargas dan Sánchez di lini serang. Menariknya, Sampaoli juga masih menurunkan Arturo Vidal sebagai starting XI meski beberapa waktu lalu sempat terjerat masalah. Ya, bintang Juventus itu mengalami kecelakaan di kawasan Santiago karena terlalu banyak menenggak minuman beralkohol.

Bermain di Estadio Nacional Julio Martínez Prádanos, Santiago de Cile, tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang sejak kick off babak pertama dimulai. Hasilnya, saat pertandingan baru berjalan tiga menit, Cile unggul lewat gol Aránguiz.

Umpan panjang dari Gary Alexis Medel disambut dengan baik oleh Vargas yang kemudian mengoper bola ke Aránguiz. Tendangan voli pemain Internacional itu tak mampu dibendung oleh kiper Romel Javier Quinónez. Papan skor berubah, 1-0 untuk Cile.

Cile terus menekan. Pada menit 37, bintang Arsenal, Sánchez menambah keunggulan bagi timnya. Berawal dari serangan balik, Sánchez yang bekerja sama satu dua dengan Valdivia sukses mengelabui pemain belakang lawan.

Umpan Valdivia disempurnakan Sanchez melalui tandukan. Skor kembali berubah. Hingga 45 menit pertama berakhir, tak ada gol tercipta. Skor 2-0 untuk keunggulan Cile.

Babak Kedua
Unggul sepasang gol di babak pertama, tetap tak mengurangi intensitas serangan Cile pada interval kedua. Pasukan Jorge Sampaoli itu justru terlihat kian menggila. Sementara sang lawan, Bolivia seolah pasrah menghadapi berbagai ancaman tuan rumah.
Pencetak gol pembuka Cile, Aránguiz kembali membobol gawang Quinonez menit ke-66. Menyempurnakan assist Ángelo José Henríquez Iturra yang masuk menggantikan Sánchez, Aránguiz membuat papan skor kembali berubah. Skor 3-0 untuk Cile.

Tiga gol yang telah disarangkan tetap tak membuat si Merah dari Selatan Amerika itu puas. Pemain belakang, Gary Alexis Medel juga seolah ingin menjadi sosok antagonis bagi Bolivia. 

Memanfaatkan umpan gelandang veteran Valdivia, Medel mencetak gol di menit 79.

Menjelang babak kedua berakhir, pundi-pundi gol Cile kembali bertambah. Namun, gol kali ini merupakan “sumbangan” dari pemain lawan. Bek tengah Bolivia, Ronald Raldes Balcázar melakukan gol bunuh diri yang membuat perolehan skor menjadi 5-0.

Hingga peluit babak kedua dibunyikan, skor 5-0 tetap tak berubah. Hasil sempurna ini sekaligus kian mengukuhkan Cile sebagai juara Grup A dengan koleksi tujuh angka.

Susunan Pemain:
Cile (4-3-1-2): Bravo; Isla, Medel, Jara, Beausejour; Aranguiz, Diaz, Vidal; Valdivia; Vargas, Sánchez.
Substitusi: Albornoz, Silva, Fuenzalida, Pinilla, Garces, Rojas, Fernandez, Pizarro, Gutierrez, Henriquez, Herrera, Mena. 
Bolivia (4-2-3-1): Quinonez; Rodriguez, Raldes, Coimbra, Morales; Veizaga, Chumacero; Pedriel, Escobar, Smedberg-Dalence; Moreno.

Substitusi: Eguino, Pena, Penarrieta, Miranda, Gamarra, M. Bejarano, Campos, Suarez, Hurtado, D. Bejarano, Zenteno, Lizio.
(Okezone.com)

Posting Komentar

 
Top