KONFEDERASI Sepakbola Asia (AFC) mengumumkan turnamen yang tak boleh diikuti Indonesia. Ada tujuh kejuaraan yang harus dilupakan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), artinya tidak boleh ada perwakilan Merah Putih di sana.

Federasi sepakbola dunia menjatuhkan sanksi kepada PSSI pada Sabtu 30 Mei 2015. Sanksi tersebut dijatuhkan berdasarkan Pasal 13 dan 17 Statuta FIFA, yakni akibat adanya campur tangan pemerintah, dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga terhadap PSSI.

Gara-gara intervensi Menpora, Indonesia dilarang meramaikan panggung sepakbola internasional. Termasuk kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019. Laga Timnas Indonesia melawan Taiwan pada 11 Juni 2015, serta Irak pada 16 Juni 2015 praktis dibatalkan.

Tak hanya itu, ada turnamen lain yang tak boleh diikuti Indonesia, berdasarkan gender dan kategori usia. Seperti kualifikasi AFC U-16 dan U-19, Kejuaraan Regional Wanita U-14, AFC Futsal Championship Wanita di Malaysia, serta Kualifikasi AFC Futsal Championship 2016.

Untuk kasus Persipura Jayapura, AFC belum membuat keputusan mengenai nasib tim Mutiara Hitam tersebut di ajang AFC Cup 2015. Seperti diketahui, laga 16 besar Persipura dengan Pahang FA ditunda, setelah tiga pemain asing klub Malaysia itu ditolak pihak imigrasi Indonesia.

Satu-satunya turnamen yang masih boleh diikuti Timnas Indonesia adalah SEA Games 2015, di Singapura. Sayang dalam laga perdana Grup A, skuad Aji Santoso takluk oleh Myanmar 4-2, Selasa 2 Juni 2015.

okezone.com

Posting Komentar

 
Top