Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam tubuh manusia, sebenarnya hanya ada dua organ yang sangat penting. Yakni jantung dan otak. Keduanya punya kekhasan yang tidak dimiliki organ lain. Meski tak terlihat tapi perannya terhadap kelangsungan hidup manusia sangat krusial. Sedikit saja otak mengalami kemunduran fungsi berbagai penyakit seperti dimensia bisa muncul dan sangat menganggu.

Menurut dr. Anas Chairil Anab, Sp.BS dari Brain and Spine Center yang berpusat di Surabaya, untuk menjaga kesehatan otak ada baiknya memahami dulu beberapa fakta unik tentang otak.

“Bahwa otak manusia itu beratnya hanya 1,5 kilogram, kurang dari kurang dari 2,5 persen berat badan manusia pada umumnya. Tapi mengonsumsi lebih dari 2,5 persen energi harian kita,” kata dr. Agus saat memberi presentasi dalam pertamuan Brain and Spine Community di Jakarta.

Lebih jauh otak manusia dengan ukuran yang tak terlalu besar itu memiliki 100 miliar sel saraf, 1.000 sinaps yang menghubungkan antar sel dan 280 kuintilium memori.

Tak hanya unik dalam hal fakta yang mungkin tak banyak diketahui orang, untuk menjaga kualitas otakpun juga sebenarnya otak bisa diperlakukan dengan cara yang unik tapi cukup mudah.

“Ada empat cara untuk menjaganya, berpikir yang baik, makan yang baik, cukup berolah raga dan hindari rokok,” kata dr. Agus.

Selalu berusaha berpikir yang baik dengan menghindari prasangka buruk akan menekan hormon stres yang diproduksi oleh otak. Hormon ini memang dibutuhkan dalam jumlah moderat tapi jika berlebih juga bisa  memicu munculnya penyakit.

Hindari makanan yang mengandung pengawet dan penyedap rasa seperti pada makanan instan. Sebaliknya perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 seperti yang terkandung dalam ikan salmon, kacang-kacangan dan buah alpukat.

Penuhi kebutuhan tubuh untuk aktif bergerak dengan berolah raga. “Lakukan 3-4 kali dalam seminggu masing-masing 30 menit. Tak perlu terlalu berat yang penting berkeringat. Jika sudah punya gangguan tulang belakang, olah raga renang sangat baik dilakukan,” kata Agus. 


Menurut dr. Agus, seperti juga tubuh, otak harus selalu distimulasi agar kondisinya sehat. Beberapa kegiatan yang sangat efektif menjaga kondisi memori misalnya dengan menjaga spiritulitas dengan berdoa, belajar menulis dengan tangan kiri jika Anda bukan seorang kidal.

“Ini baik untuk melatih keseimbangan otak kanan dan kiri,” ujar dr. Agus. Sering membaca, mengerjakan teka-teki silang, bermain permainan strategi, mengubah rutinitas, dan bermain musik juga bisa dilakukan.

Termasuk di dalamnya adalah menjaga hubungan sosial dengan teman dan kerabat serta menjajal hobi-hobi baru. “Intinya ajak otak untuk terus aktif dengan berkegiatan. Pelajari sesuatu yang menarik minat kita,” kata dr. Agus. 


Sumber:  CNN Indonesia 

Posting Komentar

 
Top