LIBIDO rendah bisa berarti lebih dari sekadar suami cemberut. Masalah ini membuat frustrasi kedua belah pihak dan jika tak cepat ditangani, dapat menyebabkan masalah lebih serius dalam hubungan.



Apakah normal jika kita mengalami kurangnya minat seks? Kenyataannya, banyak hal dapat memengaruhi libido wanita, mulai dari faktor luar seperti stres, masalah emosional dan bahkan isu seputar anak, obat-obatan, dan olahraga. Dengan itu, perubahan libido Anda bisa mengejutkan. Anda mungkin tidak memiliki banyak keinginan seksual sebelumnya, tapi tiba-tiba menemukan diri ingin sering bercinta, atau bisa jadi sebaliknya.



Jika Anda merasa libido menurun, lihatlah faktor-faktor yang memengaruhinya. Dalam kutipan buku SheKnows Presents: The Best Sex of Your Life, terdapat bahasan tentang beberapa cara mudah mengembalikan mood bercinta.



Sentuhan



Sering kali, libido rendah hanya disebabkan oleh kurangnya kasih sayang dan sentuhan dalam situasi di luar ranjang. Menggenggam tangan, memegang, atau memijat tanpa harapan yang mengarah ke ranjang, semua memiliki efek menarik untuk meningkatkan dorongan seks wanita.



Yoga atau tantra



Baik yoga maupun tantra memiliki efek untuk membawa Anda dan pasangan saling terhubung secara emosional. Keterikatan ini sangat penting untuk membangun libido Anda berdua sebagai pasangan alias mitra di ranjang.



Kualitas waktu



Meluangkan waktu bersama tanpa melakukan apa-apa, nikmati percakapan santai berdua, ataupun berjalan-jalan berdua. Hidup kita sehari-hari bisa jadi sangat sibuk hingga kita lupa untuk berhenti dan “bernapas” sejenak. Maka, tidak heran jika kita kurang tertarik pada seks.



Karenanya, buat rencana untuk menghabiskan setidaknya 15 menit setiap hari, hanya Anda berdua. Lihatlah, selama 30 hari akan ada perubahan baik pada kehidupan seks Anda.



Seks lebih baik



Salah satu alasan terbesar kurangnya minat berhubungan seks adalah rasa bosan dan kurang puas. Pastikan bahwa Anda dan pasangan benar-benar memuaskan satu sama lain. Bicarakan tentang apa yang Anda lakukan dan tidak sukai, juga coba hal-hal baru. Jangan terjebak dalam suatu kebiasaan!



Makan sehat



Ada pepatah lama mengatakan, kita adalah apa yang kita makan dan dalam hal libido, makanan yang enak belum tentu akan membuat Anda berselera dan mendapatkan mood bercinta. Sebab, tak semua makanan bermanfaat afrodisiak. Makanan kaya afrodisiak yang bisa menjadi pilihan Anda, di antaranya tiram mentah seporsi lengkap, pizza seafood dengan banyak saus tomat, dan porsi besar salad hijau disiram minyak zaitun. Untuk makanan penutup, Anda bisa memilih sorbet mangga dan sampanye atau red wine.



Suplemen



Kadang-kadang, tubuh wanita membutuhkan lebih dari apa yang bisa didapatkannya dari makanan. Di sinilah perlunya asupan suplemen. Jika perlu, konsumsi lah suplemen alami berkualitas tinggi, seperti zat besi, asam folat, kalsium, vitamin D, ginseng, black cohosh, chasteberry, l-arginine, ginkgo, atau yohimbe untuk membantu mengisi kekosongan gairah Anda.

(ftr)




Sumber berita

Posting Komentar

 
Top