INGIN menjadi pengusaha kecil-kecilan tapi bingung apa yang harus dijual? Pengusaha, artis, model, politisi, dan penggiat UKM Raslina Rasyidin membeberkan tips berwirausaha khususnya untuk ibu rumah tangga.
 
Belajar pemanfaatan di lingkungan sekitar
“Orangtua zaman dulu biasa menanam tanaman apotek hidup. Kalau dikemas di pot yang lucu dan unik, orang pasti tertarik beli. Kalau kamu jual satu pot mungkin tidak terasa, tapi kalau kamu jual banyak, keuntungannya bisa terasa,” ujar Raslina kepadaOkezone belum lama ini.
Banyak hal yang bisa dimanfaatkan di lingkungan sekitar. Mulai dari kain perca, stik es krim, sampah organik dan nonorganik, sampai keahlian memasak untuk keluarga, apapun bisa disulap jika Anda punya niat dan kreativitas. Kunjungi pameran-pameran UKM untuk mencari ide-ide kreatif.
Manfaatkan teknologi
Saat ini sarana untuk memasarkan produk makin mudah dan luas. Dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau Path, Anda bisa menarik calon pembeli dengan cara mudah dan murah. Foto yang menarik menjadi kunci agar barang dagangan Anda dilirik.
Memanfaatkan situasi
Ibu rumah tangga umumnya mengikuti perkumpulan untuk bersosialisasi dan mengisi waktu luang. Mulai dari arisan, pengajian, sampai kumpul keluarga. Manfaatkan momen tersebut untuk menjajakan produk Anda. Promosi dari mulut ke mulut kadang lebih efektif daripada promosi yang dilakukan sendiri.
(Okz/vin)

Posting Komentar

 
Top