LOGRONO – Spanyol memastikan satu tiket ke putaran final Euro 2016. Perihal itu didapat usai Iker Casillas dan kawan-kawan mengalahkan Luksemburg dengan skor 4-0 dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2016 Grup C, Sabtu (10/10/2015) dini hari WIB.
Berkat kemenangan ini, La Furia Roja –julukan Spanyol–kukuh di puncak klasemen dengan raihan 24 angka dari sembilan pertandingan. Sementara posisi dua dan tiga ditempati Slovakia dan Ukraina dengan poin sama yakni 19.
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Hanya membutuhkan satu poin tak membuat Spanyol bermain santai saat menjamu Luksemburg dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2016 Grup C. Terbukti dengan peluang yang dicetak Alvaro Morata pada menit ketiga, namun sayang tendangan penyerang Juventus masih dapat ditahan kiper Luksemburg, Joubert.
La Furia Roja –julukan Spanyol– begitu mendominasi laga lewat bola-bola pendek yang dikomandoi David Silva. Sayangnya, sentral permainan Spanyol itu tak dapat melanjutkan permainan setelah mendapat tekel keras dari gelandang Luksemburg, Gerson.
Akibatnya gelandang Manchester City itu ditarik keluar pada menit 10 untuk digantikan Juan Mata. Jordi Alba! Hampir membuka skor bagi sang tuan rumah jika tendangannya tak melesat di atas mistar gawang usai memanfaatkan umpan cemerlang dari Santiago Cazorla.
Setelah keluarnya Silva akibat cedera, Cazorla bisa dibilang menjadi otak permainan kampiun Piala Dunia 2010 tersebut. Bahkan sepakannya pada menit 22 hampir berbuah gol asalkan tak membentur mistar gawang.
Peluang demi peluang didapatkan Spanyol lewat Morata. Akan tetapi sepakan maupun sundulan jebolan akademi Real Madrid tersebut masih menyamping dari gawang negara tetangga Belanda itu. Setelah membuat beberapa peluang, Morata mendapat nasib sial.
Penyerang berusia 22 tahun ditarik keluar pada menit ke-33 karena cedera dan digantikan Paco Alcacer. Namun, keluarnya andalan Bianconeri membawa peruntungan hasil bagi Spanyol. Tim asuhan Vicente del Bosque sukses membuka skor pada menit 42 lewat sepakan Cazorla.
Memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Pedro Rodriguez, gelandang Arsenal itu melepas tendangan keras ke gawang yang sudah kosong. Skor berubah 1-0 dan bertahan hingga wasit Sebastien Delferiere meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.
Babak Kedua
Laga masih seperti babak pertama, Spanyol masih menguasai jalannya laga. Namun, Luksemburg mulai berani menyerang pertahanan Spanyol yang dikawal Gerard Pique meski tak ada peluang berarti yang bisa diciptakan.
Hingga laga memasuki menit 60, tak ada peluang matang yang bisa dihasilkan kedua negara. Baru selang enam menit kemudian, tuan rumah berhasil menggandakan skor.
Penyerang Valencia, Alcacer, sukses menjebol gawang Joubert setelah memanfaatkan umpan terobosan Cesc Fabregas. Dengan tenang, pemain berusia 22 tahun tersebut melepaskan tendangan mendatar yang tak dapat ditahan Joubert. Skor bertahan 2-0.
Tertinggal dua gol, D'Roud Léiwen –julukan Luksemburg– membuat peluang matang semenit kemudian lewat sepakan Gerson. Namun, Casillas masih sigap mengamankan bola untuk menjaga gawangnya tetap perawan.
Setelah peluang tersebut, kendali kembali dipegang Spanyol. Fabregas hampir mencetak gol ketiga Spanyol jika tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tak ditahan Joubert. Pada menit 80 Spanyol sukses memperbesar keunggulan menjadi 3-0.
Gol terjadi setelah Alba mengecoh kiper Luksemburg dan sejurus kemudian memberikan umpan silang kepada Alcacer. Mantan pemain Getafe itu langsung menendang ke gawang kosong dan membuat skor berubah 3-0.
Unggul tiga gol tak membuat Spanyol menurunkan serangan. Cazorla sukses mencetak gol keduanya di laga kali ini pada menit 85. Memanfaatkan umpan Nolito, mantan gelandang Malaga itu melepas sepakan mendatar dari luar kotak penalti yang tak dapat ditahan Joubert, skor 4-0.
Skor 4-0 bertahan hingga akhir pertandingan. Spanyol lolos ke Euro 2016 dan menjaga asa mereka mempertahankan gelar di ajang antarnegara Eropa tersebut.
Susunan Pemain :
Spanyol : Casillas; Juanfran, Pique, Bartra, Alba; Fabregas, Busquets, Cazorla; Silva (Mata 10’), Morata (Paco Alcacer 33’), Pedro (Nolito 77’)
Luksemburg : Joubert; Delgado, Malget, Chanot, Jans; Mutsch, Payal, Gerson, Martins Pereira (Da Mota 79’); Bensi (M. Deville 64’), Joachim (D. Turpel 90’).
Hasil Pertandingan lain Kualifikasi Euro yang berlangsung Sabtu (10/10/2015) dini hari WIB :
Makedonia 0-2 Ukraina
Slovakia 0-1 Belarusia
Inggris 2-0 Estonia
Slovenia 1-1 Lithuania
Swiss 7-0 San Marino
Liechtenstein 0-2 Swedia
Moldova 1-2 Rusia
Montenegro 2-3 Austria
(Okz/fmh)

Posting Komentar

 
Top