PYONGYANG – Korea Utara (Korut) akan merayakan ulang tahun (ultah) ke 70 dan dikabarkan menjadi perayaan terbesar semenjak kepemimpinan partai komunis di negara tersebut.
Iring-iringan kendaraan lapis baja dan kendaraan yang membawa misil balistik akan siap mengguncang jalanan utama di Pyongyang ditemani dengan barisan tentara, penanda dimulainya perayaan.
Pimipinan Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan akan memimpin langsung upacara dari perayaan tersebut, namun tidak ada pimpinan negara lain yang akan menghadiri acara tersebut.
Pada awal tahun ini dilaporkan bahwa pada perayaan ke 70 Korut, pemerintah Korut akan memerlihatkan persenjataan mutakhir baru yang cocok untuk persenjataan moderen saat ini, dilansir dari BBC, Sabtu (10/10/2015).
Pejabat Korut belum memberikan detail mengenai perayaan tersebut, namun dikabarkan ribuan warga Pyongyang sudah mulai terlihat di alun-alun kota berlatih untuk parade obor yang diadakan pada malam ini.
Panggung telah disiapkan di dekat sungai untuk konser khusus dari Chosun gul atau disebut dengan Moranbong Band, girlband paling populer di Korea Utara. China telah mengirimkan perwakilan untuk menghadiri acara tersebut.
(Okz/hmr)

Posting Komentar

 
Top