ROMA – Italia menjamu Norwegia dalam lanjutan Grup H Kualifikasi Euro 2016 di Stadio Olimpico, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB. Meski sempat tertinggal, Gli Azzurrimembalikkan keadaan di babak kedua melalui Alessandro Florenzi dan Graziano Pelle untuk menutup pertandingan dengan skor 2-1.
Hasil ini membuat Italia kokoh di klasemen akhir dengan koleksi 24 poin. Sementara itu, Norwegia harus rela turun ke posisi tiga karena tersalip oleh Kroasia yang di pertandingan lain menang 0-1 atas Malta.
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Italia memulai pertandingan dengan apik. Serangan pertama berbuah peluang yang dihasilkan Graziano Pelle. Namun, usaha penyerang bertubuh jangkung tersebut belum menemui sasaran. Tuan rumah kian nyaman menguasai bola.
Leonardo Bonucci dan kawan-kawan kembali mengancam gawang Norwegia yang dikawal Orjan Nylan. Berawal dari umpan lambung Mattia de Sciglio, Eder menyambut bola dengan sundulan yang masih jauh dari target.
Stadio Olimpico justru terhenyak di menit 23. Pasalnya, gawang Gianluigi Buffon kebobolan oleh Aleksander Tettey. Hebatnya, sang gelandang mengubah skor melalui tendangan voli dari jarak 18 meter. Tim tamu unggul dengan skor 0-1.
Pelle mendapatkan peluang yang cukup matang di menit 35. Namun, penyerang yang membela Southampton ini kembali gagal memanfaatkan kesempatan untuk membobol gawang Nylan. Skor masih belum berubah.
Tekanan Italia kian gencar di menit akhir babak pertama. Namun, usaha yang kesekian kalinya dari Pelle tak juga membuahkan hasil.
Babak Kedua
Mengetahui harus mengejar ketertinggalan, Italia langsung menggebrak pertahanan Norwegia di menit awal babak kedua. Tak lama peluang pun didapat melalui Roberto Soriano, yang melepaskan tendangan spekulasi yang masih arahnya tepat ke pelukan Nylan.
Norwegia terselamatkan oleh aksi gemilang Nylan. Eder menembus pertahanan tim tamu lalu mengirim umpan lambung kepada Soriano yang menyundul bola ke gawang. Beruntung, Norwegia memiliki Nylan yang dengan heroik mementahkan bola.
Akhirnya Italia menyamakan skor menjadi 1-1 melawan Norwegia di Stadio Olimpico. Adalah Alessandro Florenzi yang menghidupkan asa Gli Azzurri pada menit 73. Pemain bintang AS Roma tersebut membobol gawang Nylan dari jarak dekat.
Nyaris! Pemain Italia yang baru masuk, Sebastian Giovinco, berhasil mengancam Norwegia. Pemain bertubuh mungil ini melepaskan tendangan pisang yang hanya membentur mistar gawang Nylan. Norwegia selamat dari murka Italia yang mulai bangkit.
Olimpico riuh seketika setelah Pelle mencetak gol kedua Italia di menit 84. Florenzi menyisir sisi kanan dan melepaskan umpan tarik ke kotak penalti Norwegia. Pelle yang tak terkawal pun tanpa kesulitan melakukan tendangan voli untuk mengubah skor menjadi 2-1.
Pertandingan kian seru setelah Italia membalikkan kedudukan, dengan Norwegia yang lebih tampil dominan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-1 untuk kemenangan Italia tak berubah.
Susunan Pemain
Italia: Buffon; Barzagli/Candreva, Bonucci, Chiellini; Darmian, Florenzi, Montolivo/Bertolacci, Soriano, De Sciglio; Pelle, Eder/Giovinco.
Norwegia: Nyland; Elabdellaoui, Hovland, Forren, Aleesami; Johansen, Tettey; Skjelbred/Samuelsen, Henriksen, Berget; Soderlund/King.
(Okz/fmh)

Posting Komentar

 
Top