CANBERRA – Malcolm Turnbull pada hari ini resmi menjabat dan dilantik menjadi Perdana Menteri Australia menggantikan Tony Abbott. Sesaat setelah diambil sumpahnya di Gedung Parlemen Australia, Turnbull berjanji segera melegalkan pernikahan sejenis.
Pada hari ini, PM Turnbull menyatakan kepada parlemen bahwa dirinya mendukung sepenuhnya posisi pemerintah dan rakyat Australia yang ingin pernikahan sejenis di wilayahnya segera dilegalkan.
Nantinya keputusan untuk melegalkan pernikahan sejenis harus melalui proses pemungutan suara (pemilu) rakyat Australia, jika kabinet pemerintahan pimpinan Malcolm Turnbull telah terbentuk seutuhnya.
“Saya pribadi mendukung sepenuhnya soal pelegalan pernikahan sejenis. Nantinya, keputusan soal pelegalan pernikahan sejenis harus melalui proses pemungutan suara rakyat,” ujar PM Turnbull, seperti diberitakan ABC News, Selasa (15/9/2015).
“Soal proses pemungutan suara nantinya, tentu saja tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Australia dapat membuat keputusan yang teliti dan sejujur-jujurnya,” tambahnya.
Sementara itu, salah satu kepala kelompok yang mendukung pernikahan sejenis di Australia, Rodney Croome, menyambut positif pergantian perdana menterinya.
“Ini merupakan hari yang bersejarah bagi kami. Untuk pertama kalinya di Australia, kami memiliki perdana menteri dan pemimpin partai oposisi yang satu suara dalam mendukung pernikahan sejenis,” ucap Croome.
(Okz/aji)

Posting Komentar

 
Top