RAQQA – Kelompok militan ISIS sedang menjadi bahan candaan dari Netizen melalui media sosial Twitter. Sebuah gambar menunjukkan para anggota ISIS terlihat sedang berkaraoke.

Seperti diberitakan Daily Mail, Selasa (1/9/2015), pada gambar itu terlihat anggota ISIS menunjukkan senjata mereka ke depan kamera. Namun, netizen mengubah gambar mereka menjadi “tampak” sedang bernyanyi lagu ‘Killing Me Softly’.

Praktis hanya dalam beberapa minggu ketika Twitter atas nama @isis_karaoke muncul, akun ini sudah memiliki follower lebih dari 35.000.

ISIS bisa dikatakan tidak asing lagi menerima sindiran bersifat satire. Sering kali para netizen menjadikan mereka bahan candaan melalui video atau gambar yang telah diedit. ISIS sendiri sering mem-posting kegiatan kampanye sehingga mudah bagi para netizen mengaksesnya dan mengubahnya menjadi candaan bersifat satire.

Seperti pada 2014 ketika netizen diramaikan tanda pagar (tagar) #AskISIS. Ribuan pengguna internet dapat bertanya pertanyaan konyol mengenai ISIS dalam bentuk “Silakan bertanya tentang apa pun”.

Contoh pertanyaannya: “Apakah ISIS menangis ketika aktor Patrick Swayze dalam film GHOST meninggal dunia?”.
Bentuk-bentuk komentar satire ini menunjukkan bagaimana netizen melakukan penolakan terhadap keberadaan ISIS namun dengan cara yang ringan dan menarik.

(Okz/hmr)

Posting Komentar

 
Top