SARILAMAK – Hutan Bukit Kandua yang berada di Nagari Sarilamak, kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, terbakar, Selasa (25/8/2015) kemarin.

Kepala Seksi (Kasi) kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota Ramadinol mengatakan, luas area yang terbakar tersebut diperkirakan lima hektare.
“Api mulai membakar bukit tersebut mulai jam 12 siang, dan penyebabnya belum diketahui,” kata dia.

Para petugas mengalami kendala dalam memadamkan api tersebut mengingat keterbatasan peralatan, dan luasnya lokasi sehingga tidak dapat menjangkau semua titik.

Para petugas mendahulukan titik-titik yang ada pemukiman masyarakat sehingga tidak membahayakan warga.
Pihaknya mengimbau kepada masyarakat daerah tersebut jika ingin membuka lahan perkebunan baru agar membatasinya sehingga pembakaran hutan tidak meluas.

“Kalau dapat tidak membuka lahan baru di saat cuaca panas ini. Hal ini mengingat besarnya dampak bagi masyarakat,” lanjutnya.
Dia menyebutkan, di Kabupaten Limapuluh Kota ada dua titik api, yakni di Nagari Sarilamak dan Nagari Taram Kecamatan Harau.
“Untuk titik api yang di Nagari Taram telah dipadamkan dua hari yang lalu,” tambah dia.

Sementara itu, masyarakat setempat Syafril tidak mengetahui penyebab kebakaran tersebut terjadi.
“Kami melihat api sudah menyala dalam skala besar dan sebabnya tidak mengetahui. Melihat kondisi demikian maka diberitahukan kepada instansi terkait,” kata dia.
 
(Okz/mbs)

Posting Komentar

 
Top