JAKARTA - Banyak masyarakat yang berpikir untuk memiliki bisnis sampingan. Pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah dan menghasilkan uang tambahan. Namun banyak juga yang bingung bisnis apa yang bisa dicoba sebagai permulaan.
Mengutip Entrepreneur, Minggu (2/8/2015), berikut adalah ide bisnis yang bisa anda ambil sebagai pekerjaan sampingan.
1. Akuntan
Anda bisa membuat selebaran kertas dan menulis layanan anda. Dalam bisnis ini pengalaman, pelatihan atau lisensi mungkin diperlukan.
2. Perbaikan sepeda
Pekerjaan ini bisa anda pilih, anda bisa menawarkan jasa perbaikan atau mungkin penyewaan sepeda.
3. Jasa perbaikan komputer
Anda bisa menawarkan jasa perbaikan komputer. Ini bisa dilakukan oleh anda yang memiliki pengetahuan mengenai perangkat lunak atau sistem informasi.
4. Konsultan
Sebagai pekerjaan sampingan anda bisa memilih menjadi seorang konsultan. Anda bisa menjadi penasehat misalnya bagi orang yang ingin memulai bisnis anda bisa menjadi konsultan bisnis.
5. Peternak hewan
Menjadi peternak hewan bisa Anda dilakukan. Hal ini bisa dijadikan bisnis yang menghasilkan uang.
6. Jasa perbaikan elektronik
Sama dengan bisnis perbaikan komputer, anda bisa lakukan pekerjaan ini dengan santai. Anda bisa menerima pesanan bagi mereka yang kesulitan karena elektronik yang rusak
7. Perencana keuangan
Untuk menjadi perencana keuangan anda bisa memulai dari proses sertifikasi. Sertifikat menunjukkan keahlian dan kredibilitas anda. Sehingg anda bisa menjadi referensi mereka yang kesulitan merencanakan keuangan.
8. Desainer interior
Banyak orang yang kesulitan mendekorasi rumah ketika pindah. Anda bisa menyediakan jasa ini bagi mereka yang membutuhkan jasa dekorasi ruangan.
(Okz/rzk)

Posting Komentar

 
Top