Foto herianto barbara

Jakarta - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana terus berupaya melakukan penyelamatan ekosistem laut Indonesia. Dia dan jajarannya menanam terumbu karang di Pulau Edam atau disebut juga Pulau Damar .

Buyung dan jajarannya tiba di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Sabtu (1/9/2015) siang. Setibanya di lokasi, dia kemudian memakai pakaian menyelam dan bergerak ke pinggir pantai. Di lokasi juga hadir Gubernur Banten Rano Karno dan para petinggi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Dengan cekatan, Buyung mulai mengikat bibit-bibit terumbu karang di atas rak besi. Setelah itu, rak besi tersebut dia bawa dengan perahu karet ke tengah pantai untuk ditenggelamkan.

Buyung menjelaskan, dirinya prihatin melihat kerusakan lingkungan, terutama di perairan. Makanya, dia tergerak untuk menyuarakan program 'Save Our Littoral Life' yang baru saja diresmikannya pada kesempatan itu.

"Saya merasa prihatin melihat kerusakan lingkungan, terutama terumbu karang, secara khusus di wilayah pesisir, sudah banyak yang rusak," kata Buyung kepada wartawan di lokasi.

Indonesia, lanjut Buyung, adalah negara yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia. Karena itu, seluruh elemen bangsa harus turut menjaga ekosistem laut. Hal ini sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kalau kerusakan ekosistem laut, terutama terumbu karang, kita biarkan, sangat memperihatinkan bagi anak cucu kita di masa depan kelak. Karena itu Marinir ingin mengaplikasikan kepedulian lewat transplantasi terumbu karang.

Lewat program 'Save Our Littoral Life', Buyung mengatakan, Marinir akan melakukan transplantasi 1 juta terumbu karang di seluruh pesisir Indonesia, di lebih dari 200 titik. Belum lama ini, Marinir juga mengikat kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam aksi menyelamatkan terumbu karang.

"Setelah melakukan proses transplantasi terumbu karang di semua titik tersebut, kita tidak sampai di situ saja. Nantinya akan pantau terus perkembangannya," ucap jenderal bintang dua ini.

Buyung mengatakan, program 'Save Our Littoral Life' tersebut sangat didukung berbagai pihak. Dia berharap nantinya, pantai-pantai di Indonesia akan semakin cantik dengan keindahan terumbu karang. Dengan begitu, kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara akan semakin mengingkat. 


(Dtk/bar/mok/sw)


Posting Komentar

 
Top